Elektabilitas Koalisi Jokowi Berpotensi Dominan Di Parlemen – strategi.id
Nusantara

Elektabilitas Koalisi Jokowi Berpotensi Dominan Di Parlemen

Yang penting Jokowi Presidennya, bukan Cawapresnya "Ma'aruf Amin"

strategi.id – Menjelang pemilu 2019, sejumlah lembaga survey menyelenggarakan jajak pendapat dalam rangka melihat tingkat elektabilitas masing-masing partai peserta. salah satu lembaga survey yang sudah merilis data survey-nya adalah Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI Denny JA).

Berikut adalah data di rilis oleh LSI Denny Ja berdasarkan survey pada bulan Agustus 2018.

Tingkat elektabilitas partai pengusung Jokowi mendapat total persentase sebesar 50,8% dengan konfigurasi sebagai berikut, PDIP menyumbang bagian 24,8%. persentase yang di dapat oleh partai berlogo banteng bermoncong putih itu menjadi perolehan elektabilitas terbesar dari partai koalisi pendukung capres petahana.

Partai GOLKAR menyusul di peringkat ke-2 dengan perolehan suara 11,3%, disusul oleh PKB yang menyumbang 6,7%, PPP 3,2%, NASDEM 2,2%, PERINDO 1,7 %, HANURA 0,6%, PSI 0,2%, PKPI 0,1%.

Sedangkan, Koalisi partai Pengusung Prabowo – Sandi berdasarkan survey yang di lakukan pada bulan Agustus 2018 mendapat persentase suara sebesar 23,6%. dengan partai GERINDRA sebagai partai yang paling populer di koalisi dengan perolehan persentase sebesar 13,1%.

Lalu partai pengusung pasangan Prabowo – Sandi yang lain mendapat persentase elektabilitas sebagai berikut: Partai DEMOKRAT mendapat 5,2% PKS 3,9%, PAN 1,4%.

Dari data di atas dapat di simpulkan bahwa total elektabilitas partai pengusung Jokowi – Ma’ruf unggul dua kali lipat di banding dengan total elektabilitas partai pengusung Prabowo – Sandi. Koalisi partai Jokowi dalam hal elektabilitas mendapat perolehan total sebesar 50,8% dan partai koalisi Prabowo – Sandi dengan persentase total 23,6%.

Tidak hanya itu, LSI Denny JA juga menerbitkan data elektabilitas beberapa partai yang belum tergabung dengan dua koalisi partai pengusung paslon capres dan cawapres. di antaranya adalah PBB dengan 0,2%, BERKARYA 0,1%, GARUDA 0,1%. dan swing voters sebanyak 25,2%

Pengumpulan data survey yang di lakukan oleh LSI Denny JA, di lakukan dengan total responden sebanyak 1200 orang, yang di lakukan pada 12 sampai 19 Agustus, dengan metodologi wawancara tatap muka dan penyebaran kuisioner, dengan perkiraan marjin error sebesar 2.9%.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top