Erick Thohir : Wisma Atlet Kemayoran Siap Menangani Pasien Korona - strategi.id
Nusantara

Erick Thohir : Wisma Atlet Kemayoran Siap Menangani Pasien Korona

Strategi.id- Erick Thohir : Wisma Atlet Kemayoran Siap Menangani Pasien Korona
Strategi.id- Erick Thohir : Wisma Atlet Kemayoran Siap Menangani Pasien Korona

Strategi.id- Menghadapi Bencana Covid 19 Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan rencana penggunaan Wisma Atlet Kemayoran untuk penanganan pasien virus Covid-19 atau virus Korona.

Mantan Bos Mahaka Media ini mengatakan, dari empat tower yang digunakan untuk menampung pasien, satu tower dikhususkan untuk tempat istirahat para dokter dan perawat.

“Karena kita penting melindungi mereka, mereka harus cukup istirahat, peralatannya ada dan lain-lain,” ujar Erick kepada wartawan lewat Video Conference, Jakarta, Jumat (20/3/20).

Baca Juga:UPDATE Bencana Korona 21 Maret 2020,450 Positif, 38 Meninggal dan 20 Sembuh

Kemudian, tutur Erick, satu tower juga akan ditempati oleh para pengambil keputusan terkait penanganan virus Corona yaitu gugus tugas.

“Karena mereka jadi pimpinan dalam hal ini semua bukan hanya di wisma atlet juga dalam menangani perang untuk covid-19,” jelas dia.

Dalam pengoperasian Wisma Atlet sebagai lokasi penanganan Corona, BUMN nantinya akan menerjunkan tenaga kesehatan yang dimiliki rumah sakit BUMN

Baca Juga : Akibat Virus Korona, Misa di Gereja Harus Online Berikut Pedoman dan Tata Caranya

Pemerintah akan menggunakan 5 tower, yaitu Tower 1, Tower 3, Tower 6 dan Tower 7. Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir juga menerangkan terkait denah penanganan Virus Corona di Wisma Atlet ini.

Tower 1 akan dipergunakan sebagai ruang dokter dan tenaga para medis. Tower 3 akan digunakan posko gugus tugas penanganan Covid-19.

“Tower 1 ini untuk dokter dan tenaga medis supaya mereka punya waktu istirahat yang cukup jadi khusus kita tempatkan di situ. Lalu Tower 3 akan jadi tempat untuk fokus satgas penanganan Corona,” ujar Erick beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Pepesthen Korona dan Bencana Kemanusian

Sementara itu, Tower 6 akan menjadi ruang rawat inap pasien. Lalu Tower 7 akan memiliki fasilitas ruang IGD yang akan bertempat di lantai 1, ruang ICU di lantai 2, ruang refreshing di lantai 3 dan ruang rawat inap pasien di lantai 4.

Dengan kata lain, pasien akan ditempatkan di 2 tower yaitu Tower 6 dan Tower 7.

“CSR BUMN akan dialokasikan ke sini. CSR akan membantu akan sediakan alat di sini (Wisma Atlet). Selain itu BUMN farmasi terus memproduksi kebutuhan-kebutuhan obat yang diperlukan,” kata Erick.

Baca Juga : JA Solar Tawarkan Sel Surya “Mono PERC MBB” Dengan Wafer Silikon Berlapis Ga

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Wisma Atlet Kemayoran siap dipakai sebagai Rumah Sakit Darurat Korona atau Covid-19. Wisma Atlet bahkan sudah bisa digunakan mulai Sabtu, 21 Maret 2020 malam.

“Pemerintah juga sedang mempersiapkan infrastruktur pendukung yaitu rumah isolasi dan rumah sakit, Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat Covid-19 dan sebagai rumah isolasi pada nanti Sabtu malam, 21 Maret 2020,” kata Jokowi di Istana Bogor Jawa Barat, Jumat (20/3/2020).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top