FKDB dan APDESI Dukung Kementerian Pertanian Siapkan Stok Pangan Nasional - strategi.id
Nusantara

FKDB dan APDESI Dukung Kementerian Pertanian Siapkan Stok Pangan Nasional

Strategi.id - FKDB dan APDESI Dukung Kementerian Pertanian Siapkan Stok Pangan Nasional

Strategi.id – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menerima kunjungan Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), A. Zaki dan Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulawesi Selatan di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta (24/06/20).

Pertemuan antar ketiganya merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Pertanian sesuai instruksikan dalam rapat kabinet terkait pengamanan stok pangan nasional. Juga sebagai langkah antisipasi atas prediksi krisis pangan dunia akbiat pandemi Covid-19 (virus corona) yang diumumkan Food and Agriculture Organization (FAO).

Dalam pertemuan itu, Syahrul menjelaskan program kerja Kementerian Pertanian dalam pemenuhan stok pangan tersebut, dengan melibatkan peran serta masyarakat melalui program peningkatan budidaya di masyarakat.

Merespon penjelasan dari Menteri Pertanian, sebagai bagian dari masyarakat FKDB dan APDESI siap ikut ambil bagian dalam mempersiapkan stok pangan nasional.

Zaki menyampaikan kepada Menteri Pertanian bahwa, “FKDB melalui program FKDB ON FARM siap untuk berperan aktif dalam mengejar pemenuhan stok pangan tersebut”.

Lebih lanjut, Zaki FKDB saat ini tengah memproduksi sejumlah kebutuhan pokok dan penunjang pangan di beberapa wilayah.

“FKDB saat ini sedang produksi padi di beberapa wilayah diantaranya di Jabar seluas 133,8 Ha, di Jateng 2,72 Ha, Kalbar 30,2 Ha, Kalteng 7 Ha, Kaltim 15 Ha, roduksi singkong di Lampung seluas 2 Ha, produksi bawang di Sulteng seluas 1,5 Ha. FKDB berkomitmen untuk terus memperluas lahan pertanian di berbagai wilayah dengan terus membangun kepercayaan kepada para petani, memberikan edukasi dan menjamin para petani untung sebagaimana jargon FKDB ON FARM yang terus menerus didengungkan yaitu BESAMA FKDB PETANI UNTUNG”, jelas Zaky di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta (24/6/2020).

Senada dengan FKDB, APDESI khususnya di wilayah Sulawesi Selatan berkomitmen mendukung upaya Kementerian Pertanian dalam pemenuhan target pengamanan stok pangan, dan berencana akan menciptakan petani mandiri serta petani milenial sebagai bagian dukungan peningkatan juga kemandirian pangan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top