Gedung Sarinah Simbol Ekonomi Rakyat ?? - strategi.id
Dialektika

Gedung Sarinah Simbol Ekonomi Rakyat ??

Strategi.id- Gedung Sarinah Simbol Ekonomi Rakyat ??
Strategi.id- Gedung Sarinah Simbol Ekonomi Rakyat ??

Strategi.id- Hari ini, berita tentang akan di TUTUP gerai PERTAMA Mc.Donald di Indonesia yang berada di Gedung Sarinah di jalan Thamrin Jakarta, pada hari Minggu nanti, tgl 10 Mei 2020, telah direspon oleh para warga Jakarta dengan berbagai ungkapan, meski sebenarnya, Mc.Donals ditempat tersebut pernah ditutup dari tahun 2009 sampai dengan 2011.

Membaca ungkapan para Netizen di Sosmed, ada yang merasakan kehilangan, ada juga yang menyayangkan hal tersebut, karena di tempat itu banyak sudah Kenangan yang terpatri dalam cerita kehidupan mereka masing-masing, dan saya pun termasuk di antaranya, kendati tidak begitu Special, karena ditempat itu aku lebih melihatnya hanya secara fungsional saja.

Baca Juga : Pengamat: Kartu Prakerja Dikategorikan “Begal Digital”

Dulu sejak masih Mahasiswa S1, jika ada rencana pertemuan dan ketemuan dengan sahabat dan relasi, lalu kami sepakati ditempat yang mudah di jangkau dari berbagai sudut Jakarta, Nah, Gedung Sarinah Tamrin menjadi alternatif pertama, karena kehadiran gerai Mc.Donald pada 14 Februaru 1991 dengan konsep operasional di buka 24 Jam, menjadikan kita tidak kuatir untuk terlambat datang dan tidak dapat tempat.

Memang disaat awal tahun 90-an ketika para Aktivis gerakan Mahasiswa di Jakarta, semakin sering melakukan berbagai aksi perlawanan terhadap kebijakan ORBA dan melakukan Aksi Demonstrasi dari sekitar Bundaran air Mancur Hotel Indonesia sampai ke Depan Istana Negara, terkadang Mc.Donald digunakan sebagian para aktivis sebagai kamuflase untuk tempat konsolidasi dan konfirmasi tentang kepastian Aksi Demonstrasi.

Baca Juga : Restrukturisasi Sistem Ekonomi Pascapandemi; Kembali ke Jati Diri Kita Pancasila

Biasanya para Demonstran datang secara gerilnya, ketitik kumpul tempat melakukan Aksi tersebut, mengingat ketat dan represifnya rezim pada saat itu, jadi menggunakan tempat di Mc.Donald yang bagi aktivis gerakan mahasiswa adalah simbol Kapitalisme, dapat lebih efektif mengurangi kecurigaan para petugas keamanan saat itu.

SEJATInya Gd.Sarinah yang mulai dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1967 oleh Soekarno, setinggi 74 Meter dan 15 lantai itu merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga Gedung pencakar langit pertama di Jakarta, yang di AMANATKAN oleh Bung Karno untuk menjadi pusat perdagangan dan promosi barang-barang produksi dalam negeri. Terutama, hasil pertanian dan perindustrian rakyat, Sehingga dapat mendukung kemajuan produk-produk usaha kecil, menengah dan koperasi.

Baca Juga : BPIP: Perbudakan di Kapal Long Xing, Bertentangan dengan Kemanusiaan

Hadirnya Mc.Donald yang pertama di Indonesia dan menjadi ikon di Gd.Sarinah Thamrin, telah ikut membawa kebijakan pengelola gedung tersebut, meninggalkan semangat dan amanat awal didirikannya gedung tersebut.

Baca Juga : Cegah Penyebaran, Babinsa Kapuas Jemput Pasien ODP Gunakan Speedboat

AKANkah dengan dilakukannya Renovasi yang akan di mulai pada Juni 2020 dan selesai pada Mei 2021, dapat mengembalikan kepada semangat dan konsep awal berdirinya gedung tsb, sebagai Outlet pusat perdagangan dan promosi barang-barang produksi dalam negeri. Terutama, hasil pertanian dan perindustrian rakyat ?? ini belum tentu melihat pernyataan dari Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, Sarinah selaku pengelola gedung tetap memberikan kesempatan para tenan yang saat ini ada di Sarinah akan diprioritaskan untuk kembali bergabung berusaha di setelah renovasi selesai.

Penulis Dr Usmar SE MM, Pengamat Sosial Ekonomi Indonesia

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top