Gelombang Tinggi Mirip Tsunami Dikawasan Anyer Membuat Panik – strategi.id
Nusantara

Gelombang Tinggi Mirip Tsunami Dikawasan Anyer Membuat Panik

Strategi.id-Gelombang Tinggi Mirip Tsunami Dikawasan Anyer Membuat Panik

Strategi.id- Kejadian alam mirip kejadian tsunami terjadi di kawasan Pantai Anyer, Banten. Sekitar pukul 21.15 WIB, tiba-tiba air laut di kawasan Pantai Anyer naik. sejumlah hotel roboh, masyarakat yang berada di sekitar lokasi langsung melarikan diri ke tempat tinggi, Sabtu (22/12/18).

Terjangan ombak besar di Pantai Anyer, Serang, Banten, Sabtu (22/12/2018) ada yang melaporkan hingga hampir setinggi 5 meter, menimbulkan kepanikan luar biasa. Peristiwa ini juga menimbulkan berbagai dugaaan penyebabnya di media sosial, mulai dari tsunami, gempa bumi, hingga letusan Gunung Anak Krakatau.

Baca Juga : Mitigasi dan Pelembagaan Penanggulangan Bencana (Studi Kasus: BRR Aceh-Nias dan BPLS Jatim)

Gerakan air yang naik ke permukaan dengan cepat dan kecepatan tinggi membuat mobil-mobil pengunjung yang terparkir terombang-ambing dan teseret air laut. Mobil-mobil pun rusak karena terbawa air dan menabrak tembok dan pohon.

Sementara jalan-jalan di kawasan Pantai Pesona Krakatau Anyer banyak tembok yang roboh hingga mengganggu arus lalu-lintas.

Bahkan informasi yang dihimpun, sempat ada orang digulung ombak, namun diselamatkan oleh beberapa anggota keluargannya.

Petugas BMKG Pusat Ahmad Rifani mengatakan, gelombang tinggi hingga 50 CM dan bahkan ada terlihat dua meter itu bukan Tsunami, karena alat pendeteksi Tsunami di pesisir Pantai Pesona Krakatau Anyer tidak berbunyi.

“Bukan Tsunami, karena alat kita tidak mendeteksi adanya gempa di lokasi itu. Untuk aktifitas gunung Krakatau belum dapat info,” katanya.

Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menepis semua dugaan itu. Sebab, BMKG tidak mencatat adanya gempa yang menyebabkan tsunami Sabtu malam ini. BMKG menepiskan, yang terjadi malam ini karena gelombang air laut pasang.

“Yang terjadi di Anyer dan sekitarnya bukan tsunami, melainkan gelombang air laut pasang. Terlebih malam ini ada fenomena bulan purnama yang menyebabkan air laut pasang tinggi. Tetap tenang,” kata BMKG dalam akun Twitter resminya

BacaJuga : Jokowi : Tetaplah Menjadi Inspirasi

Hingga berita ini diturunkan, belum adah keterangan pasti soal korban jiwa di lokasi. Namun warga sebagian sudah berlarian menyelamatkan diri dari bencana itu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top