Genjot Pariwisata Danau Toba, Jalur Kereta Medan-Siantar di-Upgrade - strategi.id
Infrastruktur

Genjot Pariwisata Danau Toba, Jalur Kereta Medan-Siantar di-Upgrade

Genjot Pariwisata Danau Toba, Jalur Kereta Medan-Siantar Di-upgrade
Genjot Pariwisata Danau Toba, Jalur Kereta Medan-Siantar Di-upgrade

Strategi.id – Guna mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera akan melaksanakan perbaikan perlintasan Kereta Api (KA) di Sumatera Utara pada 2019.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Medan I Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Fakhrul Rivai Hasibuan menjabarkan, peningkatan infrastruktur kereta itu dilakukan untuk rute Medan-Siantar.

“Kalau Medan-Siantar kita program dua tahun, dari 2019 sampai 2020 selesai. Kita mulai dari Stasiun Aras Kabu persimpangan Kualanamu sampai Tebing Tinggi, Siantar,” kata Fakhrul, Senin, (28/1/19).

Baca Juga : Pembangunan Infrastruktur Nasional Demi Eksistensi Daerah

Fakhrul mengungkapkan, tengah mempersiapkan dokumen pelelangan tender. Ia berharap, proses pengerjaan bisa dilakukan sesuai yang dijadwalkan pada April 2019.

“Dimulai dengan pergantian relnya terlebih dahulu, Program kita tahun ini. Dengan peningkatan perlintasan kereta api sepanjang 103 kilometer dengan dana bersumber Surat Berharga Syariah Negara (SBSN),” sebut Fakhrul.

Fakhrul mengakui, upgrade perlintasan kereta api ini bertujuan untuk mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba.

Baca Juga :  Mengintip Cara Ahok Bangun Infrastruktur Tanpa APBD

“Programnya sampai saat ini saja (Medan-Pematang Siantar). Karena, kondisi rel saat ini, rel R33 dan rel R42, kecepatan kereta api sangat terbatas. Kemudian, pengaruh dengan keselamatan kereta api,” tuturnya.

Peningkatan infrastruktur kereta api ini, menurut Fakhrul, juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat. Apalagi, pengguna moda transportasi kereta api di Sumut semakin meningkat jumlahnya.

“Kita harapkan, dengan ada peningkatan ini, kecepatan kereta api bertambah dan otomatis waktu tempuh dari Medan ke Siantar lebih cepat,” tutur Fakhrul.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top