Gerhana Bulan akan Terjadi Di Akhir Bulan Juli 2018 – strategi.id
Dialektika

Gerhana Bulan akan Terjadi Di Akhir Bulan Juli 2018

Gerhana Bulan akan Terjadi Di Akhir Bulan Juli 2018

Strategi.id – Gerhana Bulan akan Terjadi Di Akhir Bulan Juli 2018. Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi gerhana bulan total pada 28 Juli 2018.

Lewat situs resminya BMKG menerangkan bahwa Gerhana Bulan 28 Juli 2018 adalah peristiwa ketika terhalanagnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (LAPAN), ada empat keistimewaan gerhana bulan di tanggal 28 Juli 2018 ini dibanding dengan yang pernah terjadi sebelumnya.

Pertama, gerhana bulan total ini akan menyebabkan bulan tampak berwarna merah, maka itu dinamakan Blood Moon atau bulan darah.

Kedua, fenomena Blood Moon ini akan berlangsung lebih lama. Menurut NASA, gerhana bulan total ini akan menjadi yang terlama di abad 21 ini.

Ketiga, selain akan menyaksikan Blood Moon, masyarakat juga akan melihat planet Mars yang juga akan berwarna merah.

Keempat, Blood Moon juga akan dipercantik dengan hukan meteor.

Dari daftar yang dibagikan, gerhana bulan 28 Juli 2018 akan mulai sekitar pukul 00.13 WIB. Gerhana bulan total akan mulai pada pukul 02.29 WIB. Sedangkan untuk puncaknya akan mulai pada pukul 03.21 WIB.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top