Google Datally Aplikasi "Anti-Maling" Paket Data - strategi.id
Teknologi

Google Datally Aplikasi “Anti-Maling” Paket Data

Google Datally Aplikasi "Anti-Maling" Paket Data

strategi.id – Pada bulan November 2017 yang lalu perusahaan raksasa di bidang teknologi terbesar di dunia alias Google, meluncurkan Google Datally, sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membantu user mobile phone (ponsel) mengendalikan paket data internet yang di gunakan.

Google membuat aplikasi ini setelah melakukan studi di Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya. Perusahaan pencarian raksasa ini menemukan bahwa pengguna internet di negara berkembang memiliki beberapa masalah.

Seperti diketahui, sebagian besar aplikasi di Android selalu aktif secara diam-diam. Aplikasi tersebut selain menyedot kuota juga disinyalir turut menyumbang borosnya baterai smartphone.

Terutama untuk user ponsel Android yang memiliki spesifikasi rendah. Selain itu, mereka biasanya sangat peduli dengan jumlah data yang mereka gunakan.

“Bagi orang-orang yang pertama kali menggunakan internet, perhitungan mobile data bisa membingungkan. Selain itu, paket data mahal menurut mereka. Karena itu, mereka harus menyesuaikan penggunaan data mereka,” kata Vice President Tim Next Billion Users Google Caesar Sengupta.

Salah satu fitur yang ada pada Datally adalah fitur penghemat data. Sebagian aplikasi menggunakan data di background tanpa sepengetahuan pengguna. Pengguna yang tidak tahu akan hal ini terkadang merasa paket data yang mereka punya mendadak habis tanpa alasan.

Melalui Datally, pengguna bisa menentukan aplikasi apa saja yang diizinkan untuk menggunakan data di background.

Selain itu, melalui Datally, pengguna bisa memantau berapa banyak data yang telah mereka gunakan, baik penggunaan harian ataupun mingguan. Ketika menggunakan aplikasi, pengguna juga akan melihat sebuah balon/bubble yang menunjukkan jumlah data yang digunakan oleh pengguna ketika mengakses aplikasi tersebut.

Di Datally, pengguna juga bisa melihat berapa besar data yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi tertentu. Dengan begitu, pengguna diharapkan bisa mengetahui aplikasi-aplikasi apa yang menghabiskan paket data mereka. Google menyebutkan, Datally bisa menghemat hingga 30 persen.

Pengguna yang telah menguji aplikasi ini mengatakan bahwa Datally dapat menghemat kuota internet di ponsel hingga 30 persen, seperti dikutip.

Aplikasi Datally sudah bisa diunduh di Google Play Store secara global, termasuk Indonesia. Untuk menggunakannya diperlukan ponsel Android dengan minimal OS versi 5.0 (Lollipop).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top