Gotong Royong Itu Masih Ada, Desa Kudi, Batuwarno Wonogiri Kirim Bantuan Beras dan Sembako Ke Jabodetabek - strategi.id
Kabar Baik

Gotong Royong Itu Masih Ada, Desa Kudi, Batuwarno Wonogiri Kirim Bantuan Beras dan Sembako Ke Jabodetabek

Strategi.id-Gotong Royong Itu Masih Ada, Desa Kudi, Batuwarno Wonogiri Kirim Bantuan Beras dan Sembako Ke Jabodetabek

Strategi.id- Disaat musim Pandemi Covid-19 ini banyak sekali masyarakat terkena dampak. Mereka sangat membutuhkan bantuan untuk hidupnya. Pekerja-pekerja yang mengandalkan pendapatan harian inilah mereka yang sangat menasakan akibatnya seperti para pedagan, kuli bangunan, atau buruh harian yang rata rata mereka adalah para perantau dari desa.

Larangan Mudik buat para perantau juga memperparah penderitaan mereka belum lagi bantuan bantuan pemerintah daerah dan Pusat yang masih banyak sekali kendala dalam proses penyalurannya.

Baca Juga : Relawan Diaspora Indonesia Jahit Masker untuk Pencegahan Covid-19 di Amerika Serikat

Baca Juga : BPIP: Perbudakan di Kapal Long Xing, Bertentangan dengan Kemanusiaan

Hal itu mendapat respon dari warga Desa Kudi, Kecamatan Batuwarno Wonogiri yang sedang merantau. Mereka memilih tidak pulang kampung terlebih dahulu.

Keputusan tidak mudik tersebut menggerakkan hati masyarakat Desa Kudi di kampung halaman. Timbul solidaritas kepada sesama yang berada di perantauan. 

Armada truk siap mengirim bantuan logistik untuk warga Desa Kudi Batuwarno Wonogiri di rantau. Dok. Kodim

Kepedulian warga ditunjukkan dengan mengirim bantuan sembako kepada saudara-saudaranya yang tidak bisa pulang kampung, Jumat (8/5/20). 

Baca Juga : Pelaku Bisnis dan Indrustri Dapat Listrik Gratis PLN, Ini Cara Mendapatkannya ?

Bambang Apriadi selaku Kades Kudi menyampaikan, sekitar 69 KK warga Kudi merantau di wilayah Jabodetabek.  Lantaran mereka memilih tetap tinggal di perantauan, warga yang berada di kampung berinisiatif memberikan bantuan logistik. Bantuan berupa beras sebanyak 5 ton dan sembako.

Kepala Desa yang berprofesi sebagai Dokter Hewan di kampungnya ini juga mengungkapkan bahwa ini adalah bukti Gotong Royong masih ada di Bumi Nusantara.

Baca Juga : Enthung Johar Kuliner Ekstrem Wonogiri, Berani Coba?

“Sebagai manusia tanpa mengenal suku agama dan golongan harus saling tolong menolong dan membantu buat orang orang yang membutuhkan” ujar Mas Bambang panggilan akrabnya.

“Covid-19 telah meluluh rantakan sektor perekonomian kususnya mereka para perantau dengan pekerjaan yang terkadang masih jauh dari layak, ini saatnya Desa memberikan contoh Kota” tegas Mas Bambang.

Baca Juga : Wisata Alam di Wonogiri Yang Wajib Kamu Kunjungi

Babinsa Desa Kudi, Koramil 06/Batuwarno, Serda Anton mengapresiasi warga Desa Kudi di perantauan yang melaksanakan anjuran dari pemerintah untuk tidak melaksanakan mudik. Apresiasi juga diberikan kepada warga Kudi yang mempunyai kepedulian kepada sesama dengan memberikan bantuan logistik bagi saudara-saudaranya yang bertahan di perantauan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top