Grab : Gibran RAkaBuming, Menguasai Saham Aplikasi Grab adalah Hoaks - strategi.id
Nusantara

Grab : Gibran RAkaBuming, Menguasai Saham Aplikasi Grab adalah Hoaks

Strategi.id - Gibran RAkaBuming, Menguasai Saham Aplikasi Grab adalah Hoaks (foto : is)

Strategi.id- Pebisnis kuliner Gibran Rakabuming disebut diam-diam menguasai aplikasi ride-hailing Grab. Kabar tersebut terkuak lewat sebuah pesan WhatsApp yang beredar.

Pengirim pesan cemas karena isu Gibran kuasai Grab sudah tersebar di kalangan pengendara umum, bahkan Grab dianggap singkatan dari Gibran Rakabuming. Sang pengirim pesan pun berusaha menjelaskan kabar itu tidak benar.

Baca Juga : 95 Daftar Negatif Investasi Yang Boleh Dimiliki Oleh 100 % Asing

Berikut isi pesannya, penjelasan dalam kurung diberikan agar konteks lebih jelas.

Pak, ini kisah saya tadi pagi. Saya naik taxi Blue Bird. Sopir cerita sekarang transportasi dikuasai Grab. Punya anak Pak Jokowi.

(Pengirim pesan berusaha menjelaskan) Bukan pak, Anak Pak Jokowi bisnisnya kuliner.

(Kemudian dibalas oleh sopir) Transport juga, bu. Gojek juga sudah dibeli. Kita susah cari makan, semua dikuasai anak Jokowi.

(Pengirim pesan bertanya sumber) Wah, Bapak info darimana?

(Sopir membalas) Banyak yang bilang. Kalau ibu naik taksi lain coba ibu tanya. Sopir angkot juga. Semua bilang begitu. Grab singkatannya kan nama anaknya Gibran Raka Buming.

Saya coba jelaskan juga enggak mempan. Sepertinya ada yang menebar racung di kalangan sopir bus, sopir angkot, ojek pangkalan.”

Jika dilihat isi percakapan, pihak yang menyebar kabar tersebut hanya mendapatkan info dari kabar burung semata.

Siapa sebetulnya pemilik Grab dan GoJek itu sendiri .Grab didirikan oleh pria Malaysia bernama Anthony Tan, sedangkan Go-Jek digagas oleh sosok Nadiem Makarim asal Indonesia. Mereka berdua adalah lulusan Harvard Business School dan dulu berteman, entah sekarang seiring kompetisi yang kian sengit.

Nadiem Makarim berdasarkan penelusuran majalah Globe Asia memiliki harta kekayaan terkini sebesar USD 100 juta, atau sekitar Rp 1,4 triliun. Hal ini membuatnya sukses bertengger di urutan 150 dalam daftar tokoh-tokoh terkaya di Indonesia.

Menurut data terkini Forbes, kekayaan Anthony Tan berjumlah USD 300 juta atau di kisaran Rp 4,3 triliun. Berarti, harta Tan tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan Nadiem. 

Baca Juga : Jokowi Menikmati Momen Kehangatan Keluarga di Istana Bogor

Lalu Apakah bisnis Gibran sendiri, status Jokowi sebagai Presiden NKRI tidak membuat putra sulungnya bermegah diri.

Hal ini dibuktikan dengan keinginan Gibran Rakabuming untuk meluncurkan warung martabak yang diberi nama Markobar. Agar bisnis martabak semakin sukses, Gibran bekerja sama dengan seorang pengusaha martabak bernama Arif Setyobudi.

Warung Markobar sudah berdiri sejak tahun 2014 silam dengan berbagai menu yang menggugah selera. Menu yang disajikan Markobar tentu berbeda dengan menu martabak lain. Sebab Markobar menyediakan 8 variasi rasa.

Sampai saat ini, Markobar telah sukses mendirikan 26 cabang di 15 kota besar yang ada di Indonesia.

Selain Markobar Gibran juga memiliki bisnis kuliner lainnya yaitu Pastel Bunter, Pisang Nuget ,dan Bisnis Katering ‘Chilli Pari’ selain itu Gibran juga memiliki bisnis clothingan dengan brand Pakaian ‘Sang Javas’.

Beberapa waktu yang lalu Gibran pernah menangapi berita hoaks ini dengan menjawab secara santai di akun tweeternya.

Gibran pun memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Gibran menyebut jika Grab (Gibran Rakabuming,red) memang miliknya.

Memang punya saya kok,” tulis Gibran.

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Atas