Gubernur DKI Jakarta menjadi Inspektur Upacara Hari Amal Bakti - strategi.id
Nusantara

Gubernur DKI Jakarta menjadi Inspektur Upacara Hari Amal Bakti

Strategi.id - Gubernur DKI Jakarta menjadi Inspektur Upacara Hari Amal Bakti
Strategi.id - Gubernur DKI Jakarta menjadi Inspektur Upacara Hari Amal Bakti

Strategi.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 di halaman kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Timur. Tema HAB tahun ini adalah ‘Jaga Kebersamaan Umat’.

Dalam sambutannya, Anies mengapresiasi kinerja Kementerian Agama selama ini, khususnya dalam mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan. Menurut dia, keberhasilan pembangunan kehidupan dan pendidikan keagamaan dapat menentukan masa depan bangsa.

“Kendati negara kita secara formal tidak berdasar agama tertentu, tidak menetapkan suatu agama sebagai agama resmi negara, akan tetapi keterlibatan negara dan pemerintah menyangkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan niscaya, sesuai konstitusi negara. Keberhasilan pembangunan kehidupan beragama sangat menentukan hari depan bangsa,” kata Anies yang membacakan sambutan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kamis (3/1/19).

baca juga : Wonosobo Jawa Tengah Keberagaman Indonesia Sebenarnya

Momen peringatan HAB kali ini diharapkan dapat selalu dijadikan pengingat tugas dan tanggung jawab para pegawai. Anies mengungkapkan, tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) bukan hanya menjalan tugas negara, tetapi juga harus menjadi contoh baik di masyarakat.

“Dalam tugas sehari-hari, setiap aparatur Kementerian Agama harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas. Untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas,” ujar Anies.

Anies mengatakan, pemerintah melalui peran dan fungsi Kementerian Agama hadir untuk memberikan pelayanan serta memfasilitasi keagamaan bagi seluruh umat. Selain memberikan pelayanan dengan berbagai inovasi, ia menyebut Kementerian Agama juga telah menyiapkan berbagai target untuk tahun 2019.

baca juga : Mantan Gubernur DKI, Ahok Akan Bebas Januari 2019

“Enam sasaran strategis program Kementerian Agama telah digariskan, yakni meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan,” terang Anies.

“Meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tata kelola pembangunan bidang agama,” imbuhnya.

Setelah upacara, Anies bersama jajaran Kemenag yang hadir melakukan potong tumpeng. Peringatan ini turut diramaikan dengan berbagai acara, mulai dari lomba masak antarpegawai hingga tarik tambang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top