Gunung Anak Krakatau Erupsi Status Waspada - strategi.id
Teknologi

Gunung Anak Krakatau Erupsi Status Waspada

Strategi.id- Terjadi Erupsi Gunung Anak Krakatau, info berdasarkan aplikasi resmi Kementerian Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tertulis getarannya terekam melalui alat seismograf di pos pantau Pasauran, Kabupaten Serang, Banten. Erupsi terjadi hari ini, Rabu (18/3/2020), sekitar pukul 12.42 WIB. 

Laporan itu ditulis oleh Deny Mardiono, petugas pos pantau Pasauran, Kabupaten Serang, Banten.

Baca juga : Ditemukan Interferon Alpha 2B Obat Melawan Korona?

“Telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau, pada 18 Maret 2020, pukul 12.42 WIB. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 42 mm dan durasi 10 menit 8 detik,” tulis aplikasi Magma Indonesia, yang dilihat hari ini, pukul 13.23 WIB

Baca Juga : UPDATE Korban Virus Korona Per 18 Maret 2020 Menjadi 227 Jiwa Positif Dan 19 Meninggal Dunia

“Visual dari cctv lava93 jelas, teramati letusan dengan warna asap putih-kelabu tebal tinggi lk 300m,” kata Badan Geologi dalam rilisnya yang diterima media, Rabu (18/03/20).

Saat letusan terjadi, tidak terdengar suara dentuman dari letusan dari Gunung Anak Krakatau yang ada di perairan Selat Sunda itu.

Baca Juga : Nilai Tukar Dollar Amerika Serikat (USD) Mencapai 15.000 Rupiah

Oleh karena itu, Badan Geologi mengimbau agar masyarakat maupun wisatawan yang melancong tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah.

Gunung Anak Krakatau muncul pada tahun 1927, sekitar 40 tahun setelah Gunung Krakatau Purba meletus. Gunung ini masih berstatus aktif dan memang sering erupsi. Erupsi terbesarnya terakhir terjadi pada 22 Desember 2018 dan memicu Tsunami Selat Sunda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top