Hanjaba 2018 Kepulauan Seribu Berlangsung Sukses – strategi.id
Nusantara

Hanjaba 2018 Kepulauan Seribu Berlangsung Sukses

Strategi.id - Pemenang Lomba mewarnai Hanjaba Kabupaten Kepulauan Seribu 2018
Strategi.id - Pemenang Lomba mewarnai Hanjaba Kabupaten Kepulauan Seribu 2018

Strategi.id – Tepuk tangan meriah terdengar di ruang aula kantor Kabupaten Kepulauan Seribu yang terletak sekitar seratus meter dari dermaga. Ekspresi wajah-wajah bahagia dari para pemenang lomba dan para suporternya terlihat saat pembawa acara membacakan satu-persatu pemenang hasil keputusan dewan juri lomba Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) 2018 Kabupaten Kepulauan Seribu.

Saat itu baru saja usai jam makan siang. Beberapa mata lomba, diantaranya lomba mewarnai, lomba bercerita anak, lomba baca puisi, dan lomba pidato bahasa Inggeris telah digelar sejak pagi harinya, Selasa (24/7/2018).

Puluhan anak usia SD hingga SMA/SMK yang merupakan kontingen dari beberapa pulau di wilayah kepulauan seribu terlihat antusias mengikuti lomba dan tentunya berharap menjadi yang terbaik di ajang lomba literasi prestisius di wilayah DKI Jakarta yang rutin digelar setiap tahun dan telah berlangsung sejak satu dekade terakhir ini.

Pemerhati literasi anak yang juga Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Nanang Djamaludin mengapresiasi kemampuan literasi anak-anak yang menjadi peserta lomba HANJABA 2018 Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Dengan kemampuan yang ditunjukkan peserta anak-anak pada lomba Hanjaba 2018 di Kabupaten Kepulauan Seribu ini, pemerintah Kabupaten Pulau Seribu patut berbangga dengan keberadaan bibit-bibit unggul dan berbakat di sektor literasi lokal yang dimilikinya,” ujarnya.

Untuk pemenang lomba mewarnai Hanjaba 2018 Kabupaten Kepulauan Seribu adalah:

– Juara I, Vino dari RA Fahman Jayyidan.
– Juara II, Apika dari RA Rahmad Jayyidan.
– Juara III, Lia dari Paud Nur Rizqon.
– Harapan I, Zul Arsyil dari PAUD Alam Pesisir
-Harapan II, Langit dari Al Maghfiroh.

Untuk Lomba Bercerita Anak:

– Juara I, Khairunissa, SDN 03 Pulau Panggang.
– Juara II, Moza Odelia, SDN 02 Pulau Panggang.
– Juara III, Retno Kasih Lestari dari MIN 17 Pulau Panggang
– Harapan I, Muhammad Rifki dari SDN 01 Pulau Panggang.
– Harapan II, Annisa Khairi dari SDN 03 Pulau Panggang

Untuk Lomba Baca Puisi:

– Juara I, Febriani dari SMPN 133.
– Juara II, Muhaimin dari MTsN 26.
– Juara III, Faelasufa dari SMPN 133.
– Harapan I, Khafifah dari SMPN 133.
– Harapan II, Putri dari MTsN 126.

Sedangkan untuk Lomba Pidato Bahasa Inggeris:

– Juara I, Sarwenda Kusuma W dari MA PKU Pulau Tidung
– Juara II, Siti Hajar Hasanah dari SMAN 69 Jakarta.
– Juara III, Muhammad Farhan dari SMAN 69 Jakarta.
– Harapan I, Imelda Ria Oktaviani dari MA PKU Pulau Tidung
– Harapan II, Amanda Putri, MA PKU Pulau Tidung.

Para pemenang tersebut akan mewakili Kabupaten Kepulauan Seribu untuk berkompetisi di Hanjaba tingkat Provinsi DKI Jakarta yang akan digelar beberapa waktu ke depan. Mereka akan menghadapi para pemenang Hanjaba 2018 tingkat kota lainnya dari wilayah DKI Jakarta.

Beberapa waktu sebelumnya, Hanjaba 2018 untuk tingkat Kota Jakarta Pusat juga telah usai digelar, yakni di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara.

Dalam wejangannya kepada para pemenang, Kepala Satuan Pelaksana Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Seribu, Nanang Suryana, mengatakan bahwa Even Hanjaba Kepulauan Seribu tersebut adalah salah satu program penting dalam rangka turut menumbuhkembangkan minat dan tradisi literasi kepada anak di Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Para pemenang lomba maupun yang belum berkesempatan memenangkan lomba, saya harap untuk terus berlatih meningkatkan keterampilan berliterasi kalian. Dan jadilah pencinta buku sebagai sumber ilmu sepanjang hayat kalian,” pesannya.[]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top