Hari ke-10 Evakuasi Korban Lion Air, Satu Kantong Jenazah di Temukan - strategi.id
Nusantara

Hari ke-10 Evakuasi Korban Lion Air, Satu Kantong Jenazah di Temukan

Strategi.id - Hari ke-10 Evakuasi Korban Lion Air, Satu Kantong Jenazah di Temukan

Strategi.id – Juru bicara Basarnas Suhri N.N. Sinaga mengatakan, pada hari kesepuluh pencarian korban pesawat Lion Air di Tanjung Karawang, tim SAR gabungan hanya menemukan satu jenazah yang tidak utuh. Bagian tubuh itu dimasukan ke kantong mayat dan dikirim ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk didentifikasi.

“Hari ini hanya satu kantong saja. Jadi sampai dengan pukul 19.00, total sudah 187 kantong jenazah,” kata Sinaga di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (7/11/ 18).

Baca Juga : BNPP Sebut Meninggalnya Penyelam Lion Air Bukan Karena Salahi Prosedur

Sinaga menegaskan, besok tim SAR tetap mengerahkan kekuatan penuh untuk melakukan pencarian dan mengevakuasi korban Lion Air. Tim tersebut terdiri dari empat unit kapal SAR, empat unit kapal Rigid Inflatable Boat (RIB), perahu karet, dan 60 personil penyelam untuk menyisir titik koordinat jatuhnya pesawat dengan radius 250 meter.

Hari ini, Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi telah memperpanjang masa evakuasi korban pesawat Lion Air JT 610 selama tiga hari. Hanya saja, pencarian di masa perpanjangan ini tak lagi melibatkan sejumlah potensi, seperti TNI dan Polri.

Selami Tanjung Karawang,Basarnas Kumpulkan Potongan Ini

Evakuasi korban pesawat Lion Air jatuh dilakukan dengan dua cara sepanjang hari ini, Senin 29 Oktober 2018. Keduanya adalah visualisasi permukaan laut dan penyelaman. Hasilnya sejumlah kantong jenazah telah dikirim Basarnas ke posko di JICT II Tanjung Priok.

Komandan Badan SAR Nasional (Basarnas) Special Group, Charles Batlajery, menerangkan temuan termasuk potongan tubuh manusia dalam berbagai ukuran. “Yang paling besar bagian tengah, perut,” katanya dari anjungan KN SAR Basudewa, Senin malam 29 Oktober 2018.

Baca Juga : 3 Istri dari 1 Suami, Rebutan Uang Duka Jatuhnya Lion Air

Charles menjelaskan, temuan didapat melalui pencarian di permukaan laut di lokasi Lion Air JT 610 jatuh. Potongan tubuh itu dievakuasi tim sekitar satu atau dua mil dari lokasi KN SAR Basudewa buang jangkar di perairan Tanjung Karawang.

Secara keseluruhan, ditambahkannya, bagian tubuh yang ditemukan antara lain kaki, kepala dan perut. Selain temuan serpihan dan barang dari pesawat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top