Hexana Tri Sasongko Gantikan Asmawi Syam Jadi Dirut, Ada apa Dengan Jiwasraya – strategi.id
Infrastruktur

Hexana Tri Sasongko Gantikan Asmawi Syam Jadi Dirut, Ada apa Dengan Jiwasraya

Strategi.id- Dirut Jiwasraya Hexana Tri Sasongko yang Gantikan Asmawi Syam ( Foto : humas Kementrian BUMN/Is)
Strategi.id- Dirut Jiwasraya Hexana Tri Sasongko yang Gantikan Asmawi Syam ( Foto : humas Kementrian BUMN/Is)

Strategi.id- Kementerian BUMN telah mengangkat Hexana Tri Sasongko sebagai Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero), menggantikan Asmawi Syam, pada Senin (5/11/2018), .

Pengangkatan ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor 286/MBU/11/2018.Penyerahan SK pengangkatan Hexana Tri Sasongko dilakukan oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal di Lantai 7 Kementerian BUMN pada Senin, 5 November 2018.

Sebelumnya Hexana menjabat sebagai Direktur Investasi dan Teknologi Informasi Jiwasraya sejak Mei 2018.

Hexana membenarkan dirinya telah resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama Jiwasraya. Namun, penunjukannya ini efektif setelah melalui fit and proper testyang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Iya betul, tetapi efektif setelah fit and proper test oleh OJK,” katanya.

Hexana mengatakan, dirinya akan melanjutkan dan mengembangkan program-program unggulan yang ada dengan perbaikan bisnis proses berbasiskan digital. Hal tersebut demi memudahkan akses masyarakat kepada produk-produk Jiwasraya.

Hexana juga akan menerapkan manajemen risiko secara disiplin dalam pengelolaan investasi keuangan. Termasuk juga meningkatkan kerja sama penyediaan layanan kebutuhan asuransi jiwa bagi BUMN.

“Kami akan melanjutkan dan terus mengembangkan program-program yang sudah dirintis bersama Bapak Asmawi demi Jiwasraya yang lebih baik dan modern. Dalam kesempatan ini saya mewakili Jiwasraya mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan kerja samanya selama ini. Semoga saya juga bisa mengemban tugas ini dengan baik,” katanya

Sebelumnya, jabatan Direktur Utama Jiwasraya diduduki oleh Asmawi Syam sejak tahun Mei 2018 atau selama 5 bulan, menggantikan Muhammad Zamkhani. Sebelum hijrah ke Jiwasraya, Asmawi memimpin PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan Bank BRI.

Asmawi menuturkan bahwa selepas menjabat Direktur Utama Jiwasraya, dia memutuskan untuk sementara waktu tidak aktif di industri perasuransian. “Sementara saya akan istirahat dulu,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kementerian BUMN juga memberhentikan dengan hormat Muhamad Zamkhani sebagai Direktur SDM dan Kepatuhan Jiwasraya.

“Pergantian pucuk pimpinan ini dilakukan dalam rangka Jiwasraya menuju pengembangan bisnis baru yang berbasis Information Technology (IT). Termasuk juga sebagai penguatan investasi perusahaan dan sekaligus melakukan regenerasi untuk menciptakan kepemimpinan yang berkelanjutan di Jiwasraya,” kata Hambra dalam keterangannya, Selasa (6/11/2018).

PT Asuransi Jiwasraya  menjadi sorotan akibat persoalan penundaan pembayaran polis jatuh tempo senilai total Rp802 miliar kepada sejumlah mitra bancassurance. Atas kejadian tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan perusahaan pelat merah tersebut untuk memperhatikan implementasi tata kelola, manajemen risiko, dan kehati-hatian dalam berinvestasi dengan pemanfaatan teknologi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top