HMI Cabang Namela: Buka Peluang Maraknya Praktik Korupsi – strategi.id
Nusantara

HMI Cabang Namela: Buka Peluang Maraknya Praktik Korupsi

Judulnya ketua GNPK-RI menjadi pemateri
Goresan Pena Kehidupan

Strategi.id – HMI Cabang Namela: Buka Peluang Maraknya Praktik Korupsi, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Namela menganggap Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Otda) membuka peluang terjadinya praktik korupsi.

HMI juga menyatakan isu pencegahan dan pemberantasan korupsi sering dijadikan senjata untuk mengunci lawan politik. Terutama pada masa-masa pra dan pasca pilkada.

Pakar psikologi politik dari Universitas Indonesia Hamdi Muluk membenarkan maraknya praktik korupsi di Indonesia karena biaya politik yang sangat tinggi dan tidak rasional. Akibatnya, demi memenuhi biaya politik, banyak kepala daerah dan anggota legislatif yang tergiur melakukan korupsi.

Sementara itu Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI) Ketua GNPK-RI Amril Buamona dalam pencegahan dan penindakan tindak pidana korupsi, perlu memperhatikan hukum positif di Indonesia.

“untuk menjalankan misi pencegahan korupsi pengawasan dan keterlibatan berbagai pemangku kepentingan mutlak diperlukan. Namun, disisi lain, langkah-langkah pencegahan dan pemberantasan harus dilakukan dalam koridor hukum positif yang berlaku” ujar Amril (2/7/2018).

Selain itu HMI Cabang Namela menemukan dugaan mark-up anggaran makan minum rumah dinas Wakil Bupati pada tahun 2017 dengan total anggaran Rp. 950.000.000.

Terkait dengan itu Amril menyarankan HMI Cabang Namela menjunjung tinggi praduga tak bersalah. Jika memiliki bukti yang cukup kuat, HMI Cabang Namela bisa langsung melaporkan ke KPK.

Amril mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu mengawasi penyelenggara di daerah. (Akbar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top