Huawei dan Xiaomi Rebut Pasar Samsung - strategi.id
Teknologi

Huawei dan Xiaomi Rebut Pasar Samsung

Strategi.id - Huawei dan Xiaomi Rebut Pasar Samsung

Strategi.id – Pasar smartphone kian kompetitif, namun jumlah ponsel yang terjual setiap tahunnya terus menurun. Firma riset Counterpoint menunjukkan perubahan di pasar smartphone antara kuartal ketiga 2018 dengan periode tiga bulan yang sama di tahun ini.

Beberapa negara, seperti India, penjualan smartphone terlihat ada peningkatan, namun hal itu dirasa tidak cukup. Secara global, penurunan penjualan smartphone dari tahun-ke-tahun mencapai 5 persen, sementara Amerika Latin turun hingga 7 persen.

Bicara soal pangsa pasar, Samsung masih memegang posisi pertama dengan angka 19 persen, akan tetapi turun 13 persen di kuartal ketiga 2018. Demikian seperti dikutip laman Phone Arena, Selasa (27/11/18).

Penurunan tersebut jatuh ke tangan Huawei dan Xiaomi yang kini naik ke angka 14 persen dan 9 persen. Sementara Apple berada di antaranya dengan pangsa pasar 12 persen.

Pada kuartal ketiga 2017, Huawei hanya memiliki pangsa pasar 10 persen pasar, dan Xiaomi 7 persen. Keduanya meraih peningkatan yang signifikan sejak saat itu. Kemudian Apple masih nyaman di angka 12 persen.

Prestasi tersendiri layak disematkan kepada Nokia. Dalam satu tahun, merek smartphone yang kini dipegang oleh HMD Global tersebut tumbuh 73 persen dan mendapat 1 persen pangsa pasar global.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top