Ingin Beli Ponsel Baru? Ini Hal Yang Harus Kamu Perhatikan – strategi.id
Teknologi

Ingin Beli Ponsel Baru? Ini Hal Yang Harus Kamu Perhatikan

Strategi.id - 7 Ponsel RAM 8GB untuk Multitasking dan Gaming di 2018

strategi.id – Ponsel pintar atau Smartphone pada era modern ini tidak hanya menjadi sarana telkomunikasi saja, pada perkembangannya smartphone fungsinya melebar menjadi sarana entertainment yang bisa di gunakan untuk mendengar music, menonton video, berselancar di internet, dan menjelajahi dunia sosial media.

Di pasar indonesia merk dan brand kenamaan  smartphone pun tumbuh menjamur dengan berbagai fungsi dan “kelas”-nya. ada kelas low-end, kelas mid-end dan, high-end atau flagship. 

namun agar pembelian smartphone tepat guna,kali ini strategi.id akan memberikan beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum anda memutuskan membeli gadget.

layar

Sebuah Ponsel smartphone tidak dapat dikatakan smartphone apabila tidak memiliki layar. Nah, untuk itu layar menjadi komponen utama dari berhasilnya sebuah smartphone. Menariknya, smartphone sendiri memiliki beragam jenis layar yang dipakai oleh banyak vendor.

Namun, dari banyaknya layar yang ada, layar ponsel terbagi menjadi dua kategori, yakni LCD yang memakai teknologi IPS dan LED yang menggunakan teknologi AMOLED atau Super AMOLED

Baterai

Komponen Ponsel smartphone berikutnya ialah baterai. Baterai pada sebuah smartphone saat ini menjadi sebuah penilaian penting bagi para konsumen. Sebab, ponsel kini dinilai dari seberapa besar kapasitas yang dihadirkan di dalamnya. Bahkan, teknologi apa yang diusung di dalamnnya juga menjadi fokus perhatian.

dewasa ini

Sekarang, teknologi baterai yang dibawa oleh sebuah Ponsel smartphone itu menggunakan Lithium-Ion, baik itu baterai removable atau non-removable sekalipun. Sistem teknologi ini mmasih menjadi teknologi paling mutakhir saat ini dengan dukungan fast charging

System-on-Chip atau SoC (chipset)

Kita sering mendengar istilah System-on-Chip atau biasa disebut SoC. Tapi, untuk mengerti seperti apa struktur pengoperasiannya tidaklah mudah. Namun, pada SoC kamu dapat menemukan CPU, GPU, modem LTE, prosesor layar, prosesor video, dan lain sebagainya.

bisa di katakan chipset adalah “otak” dari pada smartphone itu sendiri. chipset akan berpengaruh pada kemampuan smartphone dalam tugas “processing” dalam menjalankan aplikasi sehingga chipset akan pengaruh dalam daya hemat baterai dan kecepatan multitasking.

Saat ini, SoC diproduksi oleh beberapa perusahaan, antara lain Qualcomm, MediaTek, Samsung(Exynos), dan Apple. Semua perusahaan tersebut menggunakan arsitektur yang sama, yaitu ARM. Dengan arsitektur seperti ini, SoC menjadi bertenaga dan efisien saat digunakan pada smartphone.

Untuk merek Qualcomm saat ini yang tercanggih adalah seri Snapdragon 845, untuk Exynos adalah seri 9810, dan untuk produk apple chipset tercanggih adalah A11

Memori dan Penyimpanan (RAM dan ROM)

Tidak ada Ponsel smartphone yang bisa berjalan dan hidup tanpa diberikan sebuah RAM dan penyimpanan di dalamnya. RAM adalah hardware yang berfungsi  membantu kinerja prosesor dan untuk menyimpan file-file yang bersifat sementara.

Hal ini akan membantu kinerja prosesor agar dapat membaca data pada sebuah aplikasi dengan cepat. pada saat ini smartphone android menyediakan RAM sebesar 3GB, 4GB, dan yang terbesar 6GB

Untuk masalah penyimpanan, Ponsel smartphone pasti menyediakan memori internal yang saat ini kebanyakan terdiri dari 16GB hingga 256GB. Biasanya, jika kamu memiliki penyimpanan 16GB, maka itu biasanay cuma dapat digunakan sekitar 12-13GB saja. Sebab, itu digunakan untuk sistem operasi dan aplikasi pra-install.

Konektivitas

Dewasa ini, era internet cepat 4G LTE memang sedang gencar-gencarnya disosialisasikan ke seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan, hampir semua operator telepon GSM dan CDMA sudah menawarkan paket internet 4G LTE dengan harga yang bersaing.

tidak hanya itu smartphone moderen saat ini sudah di lengkapi dengan NFC.  Fungsi NFC memungkinkan smartphone kita sebagai alat pembayaran, permainan multiplayer, atau berbagi musik, foto dan dokumen dengan lebih efisien.

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang intinya menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja.

Kamera

Siapa yang masih mau membeli Ponsel smartphone yang kameranya jelek? Nyaris tidak ada pastinya ya. Nah, komponen smartphone yang sangat penting selanjutnya ialah kamera.

Jeroan ini terdiri dari sensor yang mendeteksi cahaya, lensa, dan prosesor gambar. Kemudian, ukuran sensor kamera juga penting lho.

Tapi, apakah megapiksel itu penting dalam sebuah sensor kamera di smartphone? Di sisi lain, teknologi yang lagi menggila saat ini adalah sensor dual kamera.

Sensor

Dalam sebuah Ponsel smartphone, ada lima sensor utama yang sebenarnya wajib dipasang. Sensor tersebut antara lain Accelerometer, Gyroscope, Digital Cmpass, Ambient Light Sensor, dan Proximity Sensor. Sensor-sensor ini merupakan salah satu yang menciptakan pengalaman buat kamu.

bahkan sensor-sensor ini dapat di gunakan untuk unlock smartphone-mu menggunakan face recognition dan fingerprint sensor.

Dengan begitu, apa yang kamu rasakan di smartphone kamu yang canggih itu merupakan karya dari beragam sensor yang ditanamkan. Bahkan, berkat sensor juga yang menjadi penentu apakah smartphone itu mahal atau tidak.

Sekarang, kamu sudah jauh lebih paham mengenai komponen smartphone. tapi ingat ya, semakin tinggi spesifikasi smartphone akan semakin mahal harganya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top