Ini Jenis Rempah Yang Perkaya Rasa Masakan Anda – strategi.id
Nusantara

Ini Jenis Rempah Yang Perkaya Rasa Masakan Anda

Strategi.id - Ini Jenis Rempah Yang Perkaya Rasa Masakan Anda

Strategi.id – Salah satu rahasia kelezatan santapan nusantara adalah penggunaan aneka bumbu dapur dan rempah-rempah. Aroma dan rasa khas rempah Indonesia terbukti dapat memikat pecinta kuliner hingga ke manca negara.

Dalam dunia memasak, seringkali dijumpai sebuah menu masakan yang bahan dasarnya sama tapi memiliki rasa yang berbeda. Mengapa begitu? Hal ini tergantung dari bumbu dan rempah-rempah apa yang ditambahkan kedalamnya.

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis rempah eksotis khas Indonesia. Rempah pada masakan merupakan bagian tanaman aromatik yang memiliki peranan penting serta berfungsi sebagai penyedap masakan.

Rempah-rempah berperan penting untuk menciptakan citarasa dan aroma pada makanan. Masakan Indonesia memiliki cita rasa yang kuat karena didukung oleh rempah-rempah sebagai bumbu dasar. Rempah dan campuran bumbu dasar diolah sedemikian rupa yang memberi cita rasa tinggi, juga menciptakan warna dan aroma yang khas pada masakan tradisional. Inilah alasan, mengapa masakan Indonesia terasa khas kelezatannya.

Berikut ini beberapa jenis rempah yang semakin perkaya rasa masakan anda :

1. Kapulaga

Hasil gambar untuk kapulaga

                                                                                            Foto : hellosehat

Dalam Bahasa Inggris disebut cardamom, rasanya agak pedas seperti jahe, tetapi baunya beda. Saat akan digunakan kapulaga dimemarkan atau dihaluskan dan disangrai hingga harum agar aroma khas dapat tercipta.

2. Pala

Hasil gambar untuk pala

                                                                                           Foto : ruanasagita

Aromanya sangat harum, tajam, bernuansa hangat dan manis. Pilihlah biji pala yang kering, baru dan beraroma segar. Biji pala memberi cita rasa harum pada bumbu perendam daging, ikan atau ayam serta menjadikan kaldu semakin sedap.

3. Jinten

Hasil gambar untuk jinten

                                                                   Foto : liputan6

Berupa biji, bentuknya pipih kecil seperti gabah padi, aromanya sangat harum, agak manis. Sering digunakan sebagai campuran bumbu masakan opor, gulai atau kari. Sebaiknya disangrai atau dihaluskan bersama bumbu lain saat akan diolah. Jintan juga tersedia dalam bentuk bubuk, yang dikemas dalam botol.

4. Ketumbar

Gambar terkait

                                                                        Foto : alodokter

Bentuk berupa biji kecil-kecil mirip dengan biji lada tetapi lebih kecil, ringan dan lebih gelap. Pilih biji ketumbar yang utuh dan berbutir besar. Haluskan ketumbar bersama bumbu lainnya sebelum digunakan.

5. Kunyit

Hasil gambar untuk kunyit

                                                                        Foto : klikdokter

Warnanya kuning mendekati oranye, banyak dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Masakan tradisional Indonesia tidak terlepas dari bumbu ini. Aroma kunyit sangat khas dan sedikit pahit. Biasa dipakai untuk mewarnai nasi kuning, bumbu opor, kari dan gulai. Sebelum kunyit digunakan dan dihaluskan dengan bumbu yang lain, sebaiknya kunyit dibakar terlebih dahulu.

6. Kayu Manis

Hasil gambar untuk kayu manis

                                                                                            Foto : Hellosehat

Tersedia dalam bentuk kering batangan dan bubuk. Kayu manis yang baik adalah kering dan beraroma segar. Dapat digunakan untuk memperkaya cita rasa pada masakan, kue atau minuman. Rasanya manis agak pahit, hangat dan memberikan aroma harum pada masakan.

7. Cengkih

Hasil gambar untuk cengkih

                                                                    Foto : Madiunraya

Banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa. Cengkih dapat digunakan sebagai bumbu, baik dalam bentuknya yang utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini digunakan dapat memberikan aroma yang kuat sekaligus hangat.

8. Merica

Gambar terkait

                                                                 Foto : Faktanews

Dikenal dengan sebutan lada, bisa dikatakan sebagai raja dapur karena dipakai seluruh dapur di dunia. Terdapat tiga jenis lada yang dapat kita jumpai, yaitu lada putih, lada hitam, dan lada hijau. Pada dasarnya lada digunakan dalam masakan untuk memberikan rasa pedas yang menghangatkan tubuh. Sebaiknya sebelum dipakai lada disangrai terlebih dahulu untuk menghasilkan aroma yang lebih tajam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top