Ini Perbdaan Suzuki Ertiga Vs Bollywood Lebih Murah dan Kaya Fitur – strategi.id
Teknologi

Ini Perbdaan Suzuki Ertiga Vs Bollywood Lebih Murah dan Kaya Fitur

Strategi,id - Ini Perbdaan Suzuki Ertiga Vs Bollywood Lebih Murah dan Kaya Fitur
Ini Perbdaan Suzuki Ertiga Vs Bollywood Lebih Murah dan Kaya Fitur

Strategi.id – Maruti Suzuki Ertiga resmi meluncur di negara India. Mobil ini dipasarkan dalam 4 varian, harga mulai dari 7,4 lakh rupee (Rp 152,8 juta) sampai 10,9 lakh rupee (Rp 223 juta).

Tampak luar tidak terlihat perbedaan dengan Ertiga versi Indonesia. Menggunakan platformbaru Heartect berdimensi lebih besar dari sebelumnya.

Namun bila menelisik lebih dalam, ternyata menyimpan banyak perbedaan yang bisa membuat pemilik Suzuki Ertiga di sini iri. Fakta paling jelas, harga Ertiga di India lebih murah tapi punya fitur lebih banyak.

Baca Juga : 5 Mobil Termurah di Indonesia Dengan Kualitas Terbaik

Pilihan Mesin Diesel

Maruti langsung memberi pilihan mesin bensin dan diesel untuk Ertiga di India. Khusus bensin memang sama, memakai K15B terbaru, tapi ditambahkan teknologi smart hybrid andalan mereka.

Dari keterangan yang didapat prinsipal kami, Cardekho, sistem hybrid dilengkapi dua baterai untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Dibandingkan K14B lama, mesin baru dengan mild hybrid ini lebih bertenaga 13% dan torsi lebih besar 6%.

Lalu pilihan mesin diesel, ternyata tetap mengandalkan unit D13A lama dengan sistem smart hybrid juga. Berkapasitas cuma 1,3-liter, tenaganya 88 Tk dan torsi 200 Nm.

Kalaupun Suzuki Indonesia memasarkan all new Ertiga diesel kelak, sepertinya masih memakai mesin yang sama. Untuk varian diesel ini, hanya tersedia transmisi manual saja. Sedangkan transmisi matik untuk bensin. Gosip beredar, mesin diesel baru 1,5-liter sedang dikembangkan untuk tahun depan.

Head unit Lebih Besar

Ertiga tipe tertinggi menggunakan head unit monitor layar sentuh dengan ukuran 7-inci. Ukurannya beda dengan Ertiga lokal yang hanya 6,8-ini. Selain itu, punya fungsi yang lebih lengkap juga. Terutama adanya Apple CarPlay dan Android Auto.

Auto Climate Control

Dasbor Maruti Ertiga terlihat modern karena pengaturan penyejuk udara yang sudah memakai tombol dan panel digital. Terkandung pula fitur automatic climate control yang memudahkan pengaturan suhu di dalam kabin. Tidak seperti Ertiga sini, masih kuno model kenop putar tanpa climate control.

Height Adjustable Seatbelt dan 2nd Row Arm rest

Dua fitur yang lenyap di Ertiga terbaru versi Indonesia, padahal generasi sebelumnya punya. Kedua fitur memang terlihat sepele, namun cukup menunjang kenyamanan. Pengaturan ketinggian seatbelt tentu berpengaruh pada posisi duduk nyaman pengemudi. Kalau arm rest di kursi baris kedua, berguna untuk menopang lengan agar duduknya semakin nyaman.

Kursi Baris Ketiga Fleksibel

Pengaturan kursi baris juga lebih banyak. Selain bisa merebahkan sandaran, posisinya pun dapat diatur maju-mundur. Sehingga bisa memperoleh ruang kaki yang diinginkan penumpang.

Panel Instrumen

Tampilan speedometer dan Multi Information Display (MID), juga berbeda dan terlihat lebih canggih. Karena ada sistem hybrid, maka ada pendaran cahaya biru untuk menandakan teknologi ramah lingkungan. MID-nya berupa layar TFT berukuran 4,2-inci dengan informasi tambahan. Misalnya indikator pintu terbuka, kondisi baterai, tenaga, torsi, suhu luar serta penunjuk waktu.

Melihat perbedaan yang cukup mencolok, seharusnya sangat mungkin juga tersedia di Ertiga versi lokal. Membaca strategi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Ertiga selama ini, sepertinya bakal ada varian lebih komplet yang sedang disiapkan. Kita tunggu saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top