Intelijen Kejagung Tangkap Buronan Terpidana Korupsi Rp1 Miliar – strategi.id
Nusantara

Intelijen Kejagung Tangkap Buronan Terpidana Korupsi Rp1 Miliar

Tim intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali menangkap seorang buronan terpidana korupsi pengadaan dan pemasangan SUTM 3×25 MM2 dan SUTR TC 3×25 serta pengadaan Genset 50 KVA di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur tahun anggaran 2005-2006 yang merugikan keuangan negara sekitar Rp1,082 miliar.

 

“Buronan itu bernama Tjiptadi Kartosudarmo. Dia kami amankan di Desa Kedungpring, Kecamatan Kerajen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada Kamis (26/7) sore,” kata Direktur Teknologi Informasi Produksi Intelijen pada Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM Intelijen) Yunan Harjaka kepada wartawan di Kejagung, Kamis (26/7).

 

Dalam penangkapan itu, terpidana tidak melakukan perlawanan. Penangkapan Tjiptadi dilakukan setelah tim Intelijen Kejagung cukup lama mengintai yang bersangkutan di daerah tersebut. Selanjutnya, terpidana Tjiptadi Karosudarmo langsung diterbangkan ke Kalimantan Timur untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

 

Disebutkan Yunan, keberhasilan menangkap buronan tersebut berkat kerja sama antara tim Intelejen Kejagung dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kutai Kartanegara dan Kejari Banyumas, Jawa Tengah.

 

Berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 1065 K/Pid.Sus/2011 tanggal 24 Juli 2012, yang bersangkutan harus menjalani hukuman selama 4 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan karena terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

 

Dengan diamankannya tersangka tersebut, kejaksaan melalui program Tabur 31.1 atau tangkap buronan satu buronan setiap bulannya oleh 31 Kejaksaan Tinggi di tanah air. “Sampai sekarang kami sudah menangkap 140 buronan dari 395 orang yang ditargetkan,” kata Yunan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top