Jaksa Agung HM Prasetyo: Jaksa Agung Imbau PJI Sukseskan Pemilu 2019 - strategi.id
Nusantara

Jaksa Agung HM Prasetyo: Jaksa Agung Imbau PJI Sukseskan Pemilu 2019

Strategi.id- Jaksa Agung Imbau PJI Sukseskan Pemilu 2019

Strategi.id- Sanur: Jaksa Agung HM Prasetyo mengimbau seluruh anggota Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) mensukseskan pelaksanaan pileg dan pilpres mendatang. Imbauan tersebut juga berlaku bagi para jaksa yang tergabung dalam sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) di level pusat dan daerah.

Dalam sambutannya saat membuka Musyawarah Nasional PJI 2018 di Denpasar, Bali, Senin (26/11/18), Jaksa Agung berharap jaksa selaku pengacara negara dapat berpartisipasi aktif guna menyukseskan pesta demokrasi.

Baca Juga : Jaksa Agung: Arab Saudi Tidak Kedepankan Etika Hukum

“Kenali setiap persoalan dan permasalahan secara komprehensif dan benar. Kuasai semua regulasi peraturan perundangan yang relevan dengan tugas yang akan dijalankan agar mampu tampil percaya diri saat menjalankan tugas bersama-sama dengan unsur lain,” ujarnya.
Prasetyo juga mengingatkan jajarannya agar dalam melaksanakan tugas dan fungsi, dan kewenangan, jaksa tetap menjaga dengan baik sikap maupun perilaku. Jaksa pun ditekankan untuk menjauhkan diri dari pelbagai bentuk perbuatan yang berpotensi merusak masa depan karier, nama baik pribadi, keluarga, kehormatan profesi, dan institusi.

Baca Juga :Karopeg: Pengembangan Kompetensi Pegawai Kejaksaan Agung Sangat Penting

Prasetyo mengatakan, peran PJI sangat menentukan dalam upaya mencapai tujuan penegakkan hukum yang baik dan benar, serta menjadi dambaan masyarakat. PJI pun wajib meningkatkan eksistensi di masa mendatang, memperbaiki kinerja agar tetap memiliki integritas, kapabilitas, dan memegang teguh komitmen.

“Karena kenyataan membuktikan, bahwa sebaik apapun peraturan perundangan disusun dan dirumuskan, hal itu tidak akan berarti dan tidak sepenuhnya dapat memberikan jaminan bila manusia dan aparatur penegaknya ternyata tidak melaksanakannya dengan baik sebagaimana,” terangnya.

Munas PJI 2018 yang mengusung tema “Teguhkan Jati Diri, Jaga Martabat Profesi Untuk Negeri” dinilai sangat relevan dengan profesi jaksa sebagai a man of law di tengah kompleksitas dan beragamnya tantangan yang dihadapi.

Baca Juga : Jaksa Agung Sambangi Rumah Jaksa Korban Pesawat Jatuh

kemutakhiran teknologi yang disalahgunakan tidak pada tempatnya bakal membuat aparat penegak hukum mengalami kesulitan dan hambatan, terutama saat harus mengungkap dan menindak banyak jenis kejahatan yang memanfaatkan tehnologi informasi.

“Tantangan besar yang dirasakan dan harus dihadapi saat ini, salah satunya adalah kemajuan teknologi informasi yang berkembang begitu pesat dan cepat, yang mampu meniadakan perbedaan waktu dan menembus batasan wilayah negara, bahkan ketidaksamaan benua,” ujar Jaksa Agung.
(Jimmy Radjah)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top