Jaksa Agung: Tidak Ada Konspirasi di Kasus Buni Yani – strategi.id
Nusantara

Jaksa Agung: Tidak Ada Konspirasi di Kasus Buni Yani

Strategi.id – Jaksa Agung HM Prasetyo memastikan tidak ada kriminalisasi dan konspirasi dalam kasus Buni Yani. Vonis yang dijatuhkan kepada terdakwa kasus pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) ini murni berdasarkan aturan perundang-undangan serta sejalan dengan proses penegakkan hukum.

Sebelumnya, majelis kasasi Mahkamah Agung (MA) memvonis Buni Yani pidana penjara 1 tahun 6 bulan. Vonis MA ini menguatkan putusan sebelumnya di tingkat Pengadilan Negeri (PN) Bandung dan Pengadilan Tinggi (PT) Bandung.

Baca: Kejaksaan Tunggu Salinan Kasasi MA Terkait Buni Yani

Oleh sebab itu Prasetyo berharap tidak ada lagi pihak-pihak yang menyebut adanya upaya penzaliman, kriminalisasi, dan konspirasi dari badan peradilan, apalagi sampai dikaitkan dengan perhelatan pesta demokrasi 2019 mendatang.

“Tidak benar polisi, jaksa, dan Mahkamah Agung melakukan hal yang menyimpang. Semuanya dilakukan berdasarkan aturan perundang-undangan dan kaitannya dengan proses penegakkan hukum,” kata Prasetyo kepada wartawan seusai membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kejaksaan RI 2018 di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Selasa (27/11/2018).

Karena putusan MA telah memiliki kekuatan hukum tetap (incraht), kata Jaksa Agung, maka kewajiban jaksa selanjutnya adalah melaksanakan putusan tersebut.

Terkait rencana eksekusi, Kejaksaan melalui Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) tetap menunggu salinan resmi putusan kasasi dari MA. “Salinan berkas tersebut sangat penting karena akan dijadikan dasar untuk melaksanakan putusan,” ujar Prasetyo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top