Jangan Lewatkan Kuliner Ini Bila Mampir Ke Boyolali - strategi.id
Nusantara

Jangan Lewatkan Kuliner Ini Bila Mampir Ke Boyolali

strategi.id – Boyolali adalah sebuah kota penghasil susu yang berada di kaki gunung Merbabu, kota Boyolali Mendadak Terkenal karena capres 2019 Prabowo Subianto mengeluarkan statement kontroversial mengenai kota ini.

Kali ini akan mengulas keragaman aneka kuliner yang ada di kota Boyolali. Kuliner Boyolali ternyata juga beragam, apalagi kota yang terkenal dengan sentra susu segarnya ini memiliki pilihan banyak macam makanan yang wajib kalian coba.

Tidak hanya Susu Segar yang jadi andalan kota ini, Kuliner Boyolali juga menyuguhkan makanan yang wajib kalian coba, berikut ini adalah  Tempat Kuliner Boyolali yang wajib kalian kunjungi ketika berada di Boyolali.
1. Soto Seger Mbok Giyem
kuliner Boyolali - Soto Mbok Giyem
Soto Mbok Giyem
Soto Mbok Giyem adalah soto legendaris dari kota Boyolali yang wajib kalian coba. Soto dengan kuah yang sangat khas, berasal dari kaldu dan aneka rempah yang kuat, membuat Soto Mbok Giyem ini menjadi idola para pelancong ketika berkunjung ke Boyolali.
Nama dari Soto Mbok Giyem ini juga sudah sangat populer di area sekitar Solo Raya, bahkan di Solo juga terdapat cabang dari Soto Legendaris Boyolali ini. Jika kamu berkunjung ke Soto Mbok Giyem ini, jangan lupa saat menyantap soto jangan lupa mengambil aneka sate yang di sediakan di meja kalian. Sekali mencoba kenikmatannya, dijamin kalian akan kembali lagi ke sini.
Jika kalian berminat menyantap Soto Seger Mbok Giyem di tempatnya langsung, kamu harus datang sebelum jam makan siang, takutnya kalian akan kehabisan jika datang lebih dari jam makan siang. Soto Seger Mbok Giyem Boyolali ini buka mulai pukul 06.00 Pagi.
Lokasi Soto Mbok Giyem 
Lokasinya berada di dekat jalur utama jalan Solo-Semarang atau lebih tepatnya berada di Jl. Pandanaran No.293, Banaran, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali. Biar lebih mudah, ikuti peta di bawah ini aja.
 
 
2. Bebek Goreng Pak Pinggir

kuliner Boyolali - Bebek pak pinggir
Bebek Pak Pinggir

Bebek Goreng Pak Pinggir ini mungkin sudah sangat akrab di telinga warga Boyolali, karena reputasi bebek gorengnya yang menggugah selera. Sebenarnya Warung Pak Pinggir ini tidak hanya menyediakan Bebek goreng saja, melainkan ada ayam goreng dan burung dara goreng. Tapi yang jadi primadona tetap Bebek Gorengnya.

Sebenarnya bebek goreng pak pinggir ini berada di kawasan Pengging, namun kini sudah ada cabangnya yang lebih mudah aksesnya karena letaknya berada di kawasan kota Boyolali dan berada di dekat jalur utama Solo-Semarang.

Hal yang membuat Bebek Goreng Pak Pinggir menjadi idola adalah rasa gurih dan terpenting tidak ada lagi bau khas daging bebek yang anyir membuat kamu bakal ketagihan melahap nikmatnya santapan Bebek Goreng Pak Pinggir Boyolali ini.

Lokasi Bebek Goreng Pak Pinggir

Lokasinya tidak jauh dari pemandian Pengging Boyolali. Alamat lengkapnya berada di Dukuh, Banyudono, Dukuh, Boyolali, Kabupaten Boyolali. Biar tidak binggung ikuti peta di bawah ini saja.


 



3. Rumah Makan Pecel Ayu Boyolali

kuliner boyolali - pecel ayu boyolali
Pecel Ayu Boyolali

Ke Jawa Tengah tapi tidak makan pecel itu rasanya ada yang kurang. Nah, mumpung lagi di Boyolali kalian juga bisa menikmati pecel  khas Jawa Tengah yang pedas manis, nikmat dan pasti murah di kantong. Untuk mencoba pecel yang nikmat di Boyolali kalian bisa mengunjungi Rumah Makan Pecel Ayu Boyolali.

Di Pecel Ayu Boyolali itu terkenal dengan kenikmatannya dan ditambah harganya juga sangat murah. Pecel Ayu Boyolali ini menyediakan aneka makanan khas jawa, salah satu yang harus di coba setelah pecelnya adalah nasi trancamnya. Harga pecel di sini mulai dari Rp 8.000 saja.

Lokasi Rumah Makan Pecel Ayu Boyolali

Lokasinya berada di jalan utama Solo – Semarang. Tempatnya juga cukup mudah di temui. Alamat lengkap Rumah Makan Pecel Ayu ini berada di Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Biar lebih mudah ikuti petunjuk di peta ini saja.


 


4. Kuliner Boyolali Merbabu Penyet

kuliner Boyolali - Merbabu penyet
Merbabu Penyet,

Bagi kalian penyuka makanan penyetan wajib mencoba Merbabu Penyet khas Boyolali. Warung yang sudah berdiri sejak tahun 2006 ini tidak pernah sepi pengunjung, hal tersebut dikarenakan kenikmatan olahan penyet warung besutan pak Sumadi ini terkenal kelezatannya.

Merababu Penyet ini menyediakan aneka paket yang terjangkau kantong. Menu yang ditawarkan juga lumayan bervariasi, ada ayam atau bebek penyet utuh, ada seafood juga dan masih banyak lainnya, jadi tidak usah ragu untuk berkunjung ke Merbabu Penyet ini.

Lokasi Merbabu Penyet

Tempat Merbabu Penyet ini berada di depan SDN 9 Boyolali, alamat lengkapnya yaitu Jl. Merbabu No.83, Pulisen, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali. Biar lebih mudah ikuti peta di bawah ini aja ya.

 




5. Rumah Makan dan Pemancingan WIN-WIN

kuliner boyolali - pemancingan win-win
Pemancingan Win-Win,

Kuliner Boyolali Berikutnya adalah Pemancingan Win-Win. Bagi kalian yang suka makan ikan kalian harus mencoba datang ke sini. Banyak keasikan yang bisa kalian nikmati di sini, terutama kalian bisa memakan apa yang kamu pancing di kolam pemancingan Win-Win.

Selain ikan yang masih Fresh, kalian akan dimanjakan dengan tempat yang sejuk karena banyak pohon pohon rindang di sekitar pemacingan ini. Untuk masalah harga, Rumah Makan dan Pancingan Win-Win ini bisa di bilang masih sangat terjangkau. Tempatnya juga cocok untuk berkumpul dengan keluarga, karena tempat yang luas dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini.

Lokasi Rumah Makan dan Pemancingan WIN-WIN

Alamat Rumah Makan Pemancingan Win-Win ini berada di kawasan areal wisata Pengging, alamat lengkapnya berada di Jl. Pengging- Banyudono, Dukuh, Banyudono, Kabupaten Boyolali. Biar lebih mudah kamu tinggal ikuti peta di bawah ini saja.

 


6. Warung Iga Pak Wid

kuliner boyolali - warung iga pak wid
Foto Iga Pak Wid, Sumber : wisataboyolali.com

Daftar Tempat Kuliner Boyolali yang ke-6 adalah Warung Iga Pak Wid, jika kalian suka dengan iga bakar kalian harus coba mengunjungi tempat ini. Tempat ini cukup populer di kalangan warga Boyolali karena terkenal dengan kelezatan Iga bakar dengan siraman kuah yang kecoklatan yang membuat selalu menggugah selera.

Penyajiannya juga menarik, di samping iga yang legit dan nikmat itu tersedia kuah bening yang gurih sebagai penetralisir rasa iga bakar dan menjadi perpaduan yang sangat menggoyang lidah, dijamin kamu akan ketagihan. Harga satu porsi Iga Pak Wid dibandrol mulai harga Rp 30.000. Cukup terjangkau dengan kenikmatan yang luar biasa, kami rasa sepadan.

Lokasi Warung Iga Pak Wid

Alamat Warung Iga Pak Wid ini berada di kawasan jalan Merapi, alamat lengkapnya berada di Jalan Merapi No. 1, Pulisen, Kecamatan Boyolali, Siswodipuran, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali. Kamu juga bisa ikuti peta di bawah ini :

7. The Milk Boyolali

kuliner Boyolali - The Milk
The milk boyolali, Sumber : nongkrong_boyolali

Kuliner Boyolali yang wajib kalian kunjungi adalah The Milk Boyolali. Ke Boyolali tanpa menikmati olahan susunya itu semacam kurang lengkap. Jika kalian suka nongkrong bersama teman-teman mungkin The Milk Boyolali ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk menikmati waktu bersama kerabat terdekat.

Suasana yang syahdu dengan angin pegunungan bisa membuat kalian betah berlama-lama di The Milk ini. Kalian bisa memilih tempat di rooftop jika kalian ingin menikmati suasana yang lebih romantis. The Milk ini menyediakan aneka olahan susu dengan kemasan modern dan varian yang beragam. Untuk harga bisa di bilang masih sangat terjangkau, apalagi untuk kamu anak muda, tempat ini pas banget deh.

Lokasi The Milk Boyolali 

Tempat The Milk ini berada tidak jauh dari patung sapi kebanggaan Boyolali. Alamat lengkap The Milk boyolali ini berada di Desa Kemiri, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali. Bisa juga ikuti peta di bawah ini :




8. W-dangan Kandang Sapi

kuliner boyolali - wedangan kandang sapi
w-dangan Kandang Sapi,

Tempat kuliner Boyolali berikutnya adalah W-dangan Kandang Sapi, tempat ini sangat cocok buat kamu yang suka nongkrong atau yang sedang mencari tempat nongkrong di Boyolali kalian bisa mampir ke W-dangan Kandang Sapi ini.

Sajian di W-dangan Kandang Sapi ini sebagian besar adalah makanan khas W-dangan seperti nasi kucing dan aneka sate yang bisa kalian pilih. Ohya sajian di tempat ini juga sudah modern jadi bisa dinikmati dari berbagai kalangan. Tempatnya yang cozyabis bisa jadi tempat yang pas untuk menghabiskan waktu.

Lokasi W-dangan Kandang Sapi

Tempat W-dangan Kadang Sapi ini berada di Jl. Pandanaran No.243, Banaran, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali. Atau bisa ikuti peta di bwah ini :

9. Resto Danau Tengah Sawah

kuliner boyolali - resto danau tengah sawah
Resto Danau Tengah Sawah,

Dari namanya sudah terdengar unik ya. Resto Danu Tengah Sawah ini merupakan salah satu Kuliner Boyolali yang wajib kalian kunjungi. Tempatnya sangat nyaman untuk berkumpul bersama keluarga, makananya juga fresh dan terjamin kesehatannya.

Di sekitar resto ini sangat teduh dan seperti dikelola dengan baik agar ciri dari resto Danau Tengah Sawah ini tidak hilang. Di Resto Danau Tengah Sawah ini kamu bisa memesan masakan dari ikan tawar atau aneka seafood, semuanya masih fresh dan nikmat.

Lokasi Resto Danau Tengah Sawah 

Alamat lengkap dari Resto Danau Tengah Sawah ini berada di Dusun Menoro, Desa Jembungan, Kec. Banyudono, Jembungan, Banyudono, Kabupaten Boyolali. Kalian juga bisa ikuti peta di bawah ini :

10. Waroeng Bamboo Arum Boyolali


Mau makan dengan tempat yang unik, kamu harus coba berkunjung ke Waroeng Bamboo Arum ini. Seperti namanya mungkin bisa tertebak jika interior dari resto yang satu ini di penuhi oleh ornamen bambu yang membuat tempat ini sangat teduh dan nyaman.

Waroeng Bamboo Arum ini bisa dibilang cukup luas dan nyaman. Biasanya tempat ini digunakan untuk rapat atau berkumpul dengan keluarga. Mengingat tempatnya yang cukup besar, kamu tidak harus takut kekurangan tempat ketika berada di sini.

Waroeng Bamboe Arum ini menyediakan aneka steak, seafood dan masakan ikan air tawar. Jika beruntung, kamu bisa menikmati santapan makanmu ditemani live music yang secara reguler di tampilkan di Waroeng Bamboo Arum ini.

Lokasi Waroeng Bamboo Arum Boyolali

Alamat lengkap Waroeng Bamboo Arum Boyolali ini berada di JL. Pisang, No. 123, Siswodipuran, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali. Kamu juga bisa ikuti peta di bawah ini :

11. Jenang Pecel Khas Boyolali

kuliner boyolali
Jenang Pecel, Sumber : kundarmastuti

Kuliner Boyolali berikutnya adalah merupakan salah satu makanan khas dari kota penghasil susu ini, yaitu Jenang Pecel. Makanan ini berbeda dengan pecel pada umumnya yang disajikan dengan nasi, melainkan disajikan dengan bubur atau di dalam bahasa Jawa di sebut dengan Jenang.

Sensasi yang di dapat juga akan berbeda, sambel pecel dan sayuran dicampur dengan jenang membuat ketika disantap serasa lumer dan sangat nikmat. Untuk mendapatkan Jenang Pecel ini juga tidak terlalu sulit karena banyak pedagang kaki lima atau di sekitaran pasar yang menjual menu ini. Selamat Berburu !

12. Rujak Mbah Joko Boyolali

Kamu sedang cari yang seger-seger tapi menyehatkan ?
mampir saja ke rujak Mbah Joko saja, salah satu Rujak buah yang legendaris di kota Boyolali ini. Rujak mbah Joko ini terdiri dari aneka buah-buahan kemudian di parut dan diberi sambal khas rujak yang pedas manis.

Untuk menemukan Rujak Mbah Joko ini kamu bisa mencarinya di dekat Bank Jateng tidak jauh dari taman kota Boyolali. Orang di sekitar tempat itu pasti tau, Selamat berburu.

13. Sambel Tumpang Khas Boyolali

kuliner boyolali
Sambel Tumpang Boyolali n

Menutup daftar kuliner Boyolali dengan Sambel Tumpang khas Boyolali. Sambel tumpang dibuat dari olahan tempe yang sudah terlalu matang atau sudah busuk kemudian dimasak di kuah santan dengan irisan lombok, membuat perpaduan yang snagat pas, gurih gurih pedas.

Biasanya sambel tumpang dihidangkan dengan nasi dan sayur-sayur hijau sebagai pendamping. Untuk di Boyolali banyak sekali tempat yang bisa kamu datangi untuk mendapatkan makanan khas Boyolali ini. Hampir di setiap sudut jalan pasti ada yang berjualan makanan ini. Selamat mencoba.

Mungkin sekian dari kami tetang tempat kuliner Boyolali dan beberapa makanan khas Boyolali yang bisa kalian kunjungi ketika mengunjungi kota Boyolali ini.

Selamat Mencoba !

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top