JK: Ini Rekor, 25 Persen Menteri di Kabinet Jokowi itu Perempuan – strategi.id
Nusantara

JK: Ini Rekor, 25 Persen Menteri di Kabinet Jokowi itu Perempuan

Strategi.id - JK: Ini Rekor, 25 Persen Menteri di Kabinet Jokowi itu Perempuan

Strategi.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberi sambutan dalam pemberian anugerah Parahita Ekapraya atau kesetaraan gender kepada sejumlah kementerian, lembaga dan pemda.

JK menyinggung terkait kontribusi perempuan di kabinet yang saat ini lebih baik, bahkan lebih baik dari Amerika Serikat.”Amerika sudah 260 tahun, belum ada presiden perempuan, kita sudah ada presiden perempuan.

Di kabinet ini rekor, sebelumnya menteri perempuan itu paling tinggi hanya 2,3,4 begitu kan,” kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/18).

baca juga : Presiden Jokowi Sampaikan Keunggulan Perempuan di Hadapan Kongres WKRI

“Pada awal kabinet ini 9 menteri perempuan, sekarang sisa 8 karena Ibu Khofifah jadi gubernur,” timpal JK.

Menurutnya persentase menteri perempuan di kabinet lebih besar dari keanggotaan perempuan di DPR. Diketahui ada sejumlah menteri perempuan di kabinet Jokowi-JK antara lain Menkeu Sri Mulyani, Menteri PPPA Yohana Yambise, Menlu Retno Marsudi hingga Menko PMK Puan Maharani.

“25 persen menteri di kabinet sekarang itu perempuan, mengalahkan DPR yang ada undang-undangnya, kalau kabinet tidak ada undang-undangnya harus perempuan, tapi 25 persen. Kalau parlemen DPR itu tidak mencapai 25 persen jadi masih di bawah, jadi artinya kita mempunyai juga suatu kemajuan yang berarti,” ujar JK.

baca juga : Menkeu : Meningkatkan Akses Perempuan Atas Instrumen Keuangan

Tak cuma di kabinet dan lembaga legislatif, JK mengatakan pemerintah juga memberi kelonggaran bagi perempuan yang mengikuti rekrutmen pegawai negeri. Perempuan dinilai sama dengan laki-laki berdasarkan keahlian dan kemampuannya.

“Di tingkat kementerian itu kan, cara rekrutmen itu berdasarkan kemampuan, berdasarkan keahlian, merit sistem. Tapi tentu juga diberikan, nanti kita bikin petunjuk untuk memberikan juga apa kondisi yang baik,” jelas JK.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top