Joko Widodo : Masyarakat Donggala dan Palu Agar Tetap Tenang dan Waspada – strategi.id
Nusantara

Joko Widodo : Masyarakat Donggala dan Palu Agar Tetap Tenang dan Waspada

Strategi.id - Jokowi jumpa pers soal gempa dan tsunami di Palu-Donggala Masyarakat agar tenang dan waspada (Foto: is/ Biro Setpres)

Strategi.id – Presiden Joko Widodo terus memantau kondisi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, usai gempa dan tsunami. Jokowi mengimbau warga tenang tapi tetap waspada.

“Semuanya, seluruh masyarakat, terutama yang berada di Donggala, Palu, dan sekitarnya, agar tetap tenang tetapi juga tetap waspada dan kita berharap ini segera bisa diselesaikan bersama-sama,” kata Jokowi di kediamannya, Jl Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Kamis (28/9/18).

PresidenJokowi telah menghubungi Menko Polhukam Wiranto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk melakukan penanganan. Namun dia belum bisa menghubungi Gubernur Sulteng Longki Djanggola.

Jokowi belum memastikan apakah ada rencana ke Donggala dan Palu. Namun dia menegaskan terus memantau kondisi di sana.

“Setiap menit, setiap jam, saya selalu mengikuti peristiwa ini, yang terjadi, dari sini dan saya berharap, setelah mendapatkan penjelasan secara penuh, baru menentukan rencana,” ucapnya.

Gempa berkekuatan 7,4 Magnitudo mengguncang Donggala sore tadi dan berakibat tsunami di Donggala dan Palu. BNPB masih mendata jumlah korban.

Akibat Gempa dan tsunami juga merusak infrasruktur telekomunikasi seperti BTS, sehingga warga kesulitan untuk berkomunikasi.

Dalam catatan Kominfo, update dari wilayah gempa hingga pukul 05.00 pagi tadi, lebih dari 500 BTS telekomunikasi seluler tidak bisa berfungsi. Penyebabnya antara lain karena terhentinya pasokan listrik dari PLN.

“Tim BAKTI Kemkominfo akan bergabung bersama 25 Tim Kominfo Palu,” ujar Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Seto, Sabtu (29/9/18).

“Kementerian Kominfo juga akan segera siapkan perangkat internet satelit untuk memudahkan pengiriman informasi dan data pasca-bencana,” menurut pria yang disapa Nando ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top