Jokowi Ajak Walikota Bersiap Hadapi Revolusi Industri 4.0 – strategi.id
Infrastruktur

Jokowi Ajak Walikota Bersiap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Jokowi Ajak Walikota Bersiap Hadapi Revolusi Industri 4.0 (Foto : Biropress / is)

Strategi.id – Senin, 23 Juli 2018 Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil 32 wali kota se Indonesia ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kepada para walikota, Jokowi berpesan agar para kepala daerah ini mempersiapkan diri menghadapi perubahan ekonomi dunia yang bergerak dengan sangat dinamis dari waktu ke waktu.

Presiden Jokowi meminta walikota untuk memahami sekaligus mempersiapkan segala jenis birokrasi dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0. Sebab, daerah perkotaan dianggap memiliki kemampuan yang lebih baik dalam beradaptasi dengan perubahan pola ekonomi dibanding wilayah pedesaan.

Menurut Jokowi, proses bisnis dewasa ini sudah memasuki era otomatisasi dengan hadirnya rekayasa intelektual dan internet of things. Sehingga, ia berharap walikota dapat memimpin daerahnya untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih mumpuni.

“Kalau disadari, ya tentu tahu apa yang bisa disiapkan. Kalau kota yang pertama adalah fokus di infrastruktur, kedua adalah persiapan SDM. Kalau tidak diantisipasi berkaitan dengan perubahan itu, maka akan sangat berbahaya bagi negara,” terang Jokowi pada acara tersebut.

Lebih lanjut Jokowi menambahkan, kemampuan adaptasi kota juga perlu ditingkatkan karena kondisi makroekonomi global yang juga tak menentu. Pasalnya, kondisi eksternal ini tentu akan berpengaruh ke segala sendi-sendi ekonomi perkotaan.

Perang dagang antara China dan Amerika Serikat juga turut berpengaruh ke kinerja ekspor-impor yang terjadi di Indonesia, termasuk hingga ke lapisan kota. Selain itu, kenaikan suku bunga acuan AS Fed Rate juga membuat rupiah terdepresiasi, di mana hal ini merupakan hal yang tidak bisa diintervensi oleh pemerintah mana pun.

“Tapi semua negara ya mengalami, kita tidak usah khawatir. Yang penting menurut saya kita tahu apa yang sedang terjadi,” jelas Jokowi lagi.

Pertemuan dengan sejumlah walikota ini sendiri dimulai pukul 09.00 WIB. Tampak hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Wali Kota Metro Achmad Pairin, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Tengerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut.

Hadir pula Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, dan Wali Kota Jambi Sy Fasha. Selain itu Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Wali Kota Tarakan Sofian Raga, Wali Kota Probolinggo Rukmini, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Wali Kota Pekalongan Saelany Mahfudz juga hadir dalam acara tersebut.

Selain itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Walikota Salatiga Yuliyanto, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih, dan Walikota Binjai HM Idaham. Juga Wali Kota Bandar Lampung Herman HN, Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, dan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top