Jokowi Janji Kaji Rekomendasi Aktivis 98 di Rembuk Nasional - strategi.id
Nusantara

Jokowi Janji Kaji Rekomendasi Aktivis 98 di Rembuk Nasional

Rembuk nasional aktivis 98

Strategi.id – Presiden Joko Widodo menutup secara resmi Rembuk Nasional Aktivis 98 yang berlangsung di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/7/18).

Acara Rembuk Nasional telah sukses dilaksanakan dihadiri oleh sekitar 60.000 an aktivis 98 berserta maayarakat luas. Sayed Junaidi Rizaldi sebagai ketua pelaksana acara Rembuk Nasional ini mengatakan bahwa acara ini telah dihadiri dari setiap perwakilan aktivis di seluruh provinsi di Indonesia

Dalam acara tersebut, aktivis 98 yang menggelar rembuk tersebut menyampaikan sebanyak 7 poin rekomendasi kepada Presiden Jokowi.

Di antaranya, meminta Presiden memberikan gelar Pahlawan Reformasi kepada aktivis mahasiswa yang korban saat runtuhnya rezim orde baru 20 tahun lalu.

Kemudian, meminta Presiden menetapkan tanggal 7 Juli sebagai Hari Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi penyelenggaraan Rembuk Nasional yang dihadiri sekitar 60 Aktivis 98 dari seluruh Indonesia tersebut.

“Bangsa kita bangsa yang besar, ada 17.000 pulau, 714 suku, ini anugerah yang diberikan Tuhan, juga ribuan bahasa,” kata Jokowi.

Ditegaskan Jokowi, harus disadari bangsa Indonesia bangsa yang besar, negara yang besar dengan jumlah penduduk sudah 263 juta jiwa.

Jokowi menyatakan, semua elemen patut berterima kasih kepada Aktivis 98 yang telah berjuang menghadirkan kebebasan berekspresi, berpendapat, dan menikmati kebebasan pers.Menurut Jokowi, aset besar bangsa Indonesia adalah persatuan di antara perbedaan.

“Tetapi kebebasan itu bukan yang semau maunya, bukan sebebas bebasnya karena kita diikat oleh aturan aturan, konstitusi, kebebsan bukan yang memberi ruang untuk adu domba masyarakat, saling mencela, mencemooh di antara kita sebagai warga yang sebangsa dan setanah air, ” tegasnya.

Mengenai usulan gelar pahlawan korban 98, Jokowi berjanji akan menindaklanjuti dan mengkaji sesuai aturan.

Jokowi mengatakan, kajian tersebut akan diputuskan segera dan disampaikan dalam cepat. “Secepat-cepatnya dan akan kami sampaikan dan putuskan segera,” katanya.

Tak hanya soal gelar pahlawan untuk aktivis 98, Jokowi juga akan mengkaji usulan ditetapkannya Hari Bhinneka Tunggal Ika yang diusulkan oleh aktivis.

“Mengenai usulan tanggal 7 Juli sebagai Hari Bhinneka Tunggal Ika, juga akan kita kaji. Juga nantinya segera akan kita sampaikan segera kalau sudah kita putuskan,” kata Jokowi.

Sementara, terkait rekomendasi Aktivis 98, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan akan memproses secepatnya.

“Kita proses secepatnya sesuai prosedur yang berlaku,” janjinya.

Salah seorang juru bicara Aktivis 98, sarbini mengatakan, seluruh masyarakat Indonesia layak mengapresiasi apa yang disampaikan Jokowi.

“Selanjutnya kita akan kawal Pemerintahan Jokowi,” kata Sarbini dari FK’98

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top