Jokowi Jelaskan Program-program Pendukung Ekonomi Rakyat – strategi.id
Nusantara

Jokowi Jelaskan Program-program Pendukung Ekonomi Rakyat

Jokowi Jelaskan Program-program Pendukung Ekonomi Rakyat
Jokowi Jelaskan Program-program Pendukung Ekonomi Rakyat

Strategi.id – Pemerintah saat ini memiliki banyak program yang mendukung pengembangan ekonomi rakyat, ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat saat menghadiri acara Penyaluran 600 Kredit Usaha Rakyat (KUR) Ketahanan Pangan dan Aksi Ekonomi Untuk Rakyat, di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (27/2/19)

Pertama disampaikan oleh Jokowi adalah Program Mekaar, merupakan program kredit mikro dengan pinjaman berjumlah kecil namun besarannya akan bertambah jika nasabah program ini dinilai berhasil, pinjaman pertama Rp2 juta jika dinilai berhasil pinjaman berikutnya menjadi Rp4 juta, jika kembali dinilai berhasil maka pinjaman selanjutnya mencapai angka Rp8 juta.

“Ini yang kredit mikro untuk pedagang asongan, untuk yang jualan nasi uduk, untuk yang jualan bakso, bisa mengambil yang Program Mekaar,” kata Jokowi, Rabu (27/2/19).

Baca Juga : Sri Mulyani Jelaskan Kartu Bantuan Jokowi Bukan Program Baru

Yang kedua, lanjut Jokowi adalah program yang namanya UMi, UMi (Ultra Mikro). Ini lebih kecil lagi, bisa dipakai untuk usaha-usaha kecil-kecil yang dilakukan dari rumah.

Kemudian jika dinilai berhasil, tambah Jokowi, bisa nail level mengikuti program KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan besaran pinjaman hingga Rp500 juta.

Namun diingatkan oleh Jokowi, bahwa namanya pinjaman tentu harus dibayar ansurannya, sehingga warga harus disiplin. Jangan sampai dapat Rp30 juta, sambung Kepala Negara, besoknya pergi ke dealer sepeda motor, pulang naik sepeda motor, gagah, padahal sepeda motornya masih nyicil juga, KUR-nya juga nyicil juga ke bank.

“Enam bulan enggak bisa nyicil ke dealer enggak bisa mengangsur ke bank, sepeda motornya diambil dealer, KUR-nya juga diambil asetnya. Nah hati-hati, hati-hati,” ujar Jokowi.

Program lain yang digulirkan pemerintah adalah Bank Wakaf Mikro, yang didirikan di pondok-pondok pesantren. Program ini sedang berjalan, saat ini telah didirikan di 44 pondok pesantren.

Baca Juga : Jokowi Sebut KIP Bisa untuk Kuliah di Luar Negeri

“Satu pondok diberikan modal kurang lebih Rp8 miliar, tapi itu untuk pinjaman ibu-ibu di pondok maupun di lingkungan pondok pesantren,” lanjut Jokowi seraya menambahkan, program sudah berjalan dua tahun dan akan di evaluasi agar pondok pesantren yang lain juga bisa diberikan Bank Wakaf Mikro.

Program-program pemberdayaan ini adalah dalam rangka pembangunan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Selanjutnya yang sedang dilakukan pemerintah adalah membangun 1.000 BLK (Balai Latihan Kerja) komunitas di pondok-pondok pesantren, agar santri-santri ini juga belajar keterampilan.

“Ini yang akan kita mulai pada tahun ini, kita bangun kurang lebih seribu BLK Komunitas. Tahun depan rencana kita akan kita bangun 3.000 BLK Komunitas di pondok-pondok pesantren. Bukan hanya untuk santri tapi juga untuk lingkungan di sekitar pondok pesantren,” kata Jokowi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top