Jokowi Melakukan Estafet Kunjungan Ke Muhhamadiyah, KWI dan PGI – strategi.id
Nusantara

Jokowi Melakukan Estafet Kunjungan Ke Muhhamadiyah, KWI dan PGI

Strategi.id -Jokowi Melakukan Estafet Kunjungan Ke Muhhamadiyah, KWI dan PGI

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  melakukan Kunjungan Estafet ke Muhammadiyah, KWI dan PGI.  Jokowi mengaku membahas berbagai hal saat bertemu dengan para pengurus Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) di Kantor KWI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/8/18) pagi.

“Di dalam pertemuan saya menyampaikan mengenai yang berkaitan dengan Pancasila, dengan keragaman, perbedaan, agama, suku, adat, tradisi,” kata Jokowi usai pertemuan tertutup dengan para pengurus KWI. Pertemuan tersebut berlangsung sekitar satu jam. Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara para pengurus KWI dipimpin langsung oleh Ketua KWI Mgr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo, Uskup Keuskupan Bandung Mgr Antonius Bunjamin, dan Sekretaris Eksekutif KWI Pastor Siprianus Hormat Pr.

Jokowi menegaskan, keragaman yang ada Indonesia harus terus dijaga bersama. “Terus harus kita rawat, kita jaga, persaudaraan kita, kerukunan kita, persatuan kita,” kata dia. Selain itu, Jokowi juga mengaku membahas mengenai beberapa masalah di daerah.

Namun, Kepala Negara enggan menyebut secara spesifik masalah apa saja yang dibahas. “Ya banyak. Banyak isu daerah yang disampaikan kepada saya,” kata dia.

Ketika ditanya apakah kedatangannya terkait Pilpres, ia membantahnya. “Tidak ada yang urusannya dengan pilpres,” kata Jokowi.

Pengurus bagian RT, Sr Ella AK menyebutkan bahwa pertemuan pagi ini merupakan kunjungan silaturahmi dari Presiden Joko Widodo. “Terakhir mengunjungi KWI sewaktu Pak Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta,” tutur Sr Ella yang telah mengemban tugas di KWI selama hampir lima tahun.

Selesai Kunjungan Ke KWI  Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan Pengurus Pusat dan Pimpinan Gereja Anggota Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) di Jakarta, Jumat (24/8/18).

“Tadi ketemu degan Ketua PGI, sekretarit PGI dan pembina gereja dari seluruh Indonesia,” kata Presiden di Kantor PGI Jakarta, Jumat (24/8/18)

Presiden Jokowi mengungkapkan pertemuan dengan sekitar 250 pengurus dan pimpinan Gereja Seluruh Indonesia itu untuk menyampaikan kinerja pemerintah selama ini. “Intinya tadi saya sampaikan program kerja yang telah kita kerjakan dan tantangan-tantangan yang dihadapi saat ini dan tantangan yang akan dihadapi,” katanya.

Presiden mengaku masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa yang dikerjakan oleh pemerintah selama ini. Dia menjelaskan, hal itu mulai dari infrastruktur, target pemberian kartu sehat, pembangunan perbatasan, dan lain sebagainya.

“Tadi disampaikan banyak terkait dengan intoleransi, yang berkaitan dengan Bhinneka Tunggal Ika, berkaitan dengan HAM. Saya kira ini masih menjadi catatan kita, pekerjaan kita ke depan,” ungkapnya.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan kunjungan ini adalah bentuk silaturahmi. Kunjungan ini juga merupakan kunjungan balasan dari Jokowi kepada KWI. “Ini juga kunjungan balasan,” tegasnya.

“Kunjungannya seperti kemarin ke Muhammadiyah, silaturahmi,” kata Bey Machmudin, di lokasi acara, Jumat .

Sebelumnya Jokowi mengunjungi Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Jakarta. Pada kunjungan itu Jokowi menyerahkan hewan kurban berupa sapi limosin.

“Saya serahkan hewan kurban (sapi) kepada PP Muhammadiyah untuk disembelih dan dibagikan sesuai syariat yaitu seekor sapi. Mohon bisa diterima,” ujar Jokowi di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (23/8/18).

Pemberian Jokowi disambut baik oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir. Menurutnya, hewan kurban yang diberikan akan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kami atas nama warga Muhammadiyah menerima titipan hewan kurban dari Jokowi dan Insya Allah dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ucap Haedar

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top