Jokowi : Pesan Moral Game of Thrones Juga untuk Elite Indonesia – strategi.id
Internasional

Jokowi : Pesan Moral Game of Thrones Juga untuk Elite Indonesia

Strategi.id - Jokowi : Pesan Moral Game of Thrones Juga untuk Elite Indonesia

Strategi.id –  Pidato Presiden Joko Widodo di plenary session IMF-World Bank 2018 menjadi perbincangan karena memberikan analogi hubungan antarnegara maju ibarat seperti dalam serial ‘Game of Thrones’.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan soal pesan moral yang terkandung dalam pidato ‘Game of Thrones’ yang dia sampaikan pada saat pertemuan IMF-World Bank beberapa hari lalu. Dia menegaskan, pidatonya itu juga ditujukan untuk elite politik di Indonesia.

Saat menjadi pembicara kunci plenary session IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua Hall, Bali, Jumat (12/10/2018), Jokowi mengingatkan kepada seluruh pejabat dunia yang hadir dalam acara IMF-World Bank (WB) tahun 2018 untuk mewaspadai fenomena baru yang mengancam ekonomi. Ancaman tersebut, kata dia, datang setelah para pemangku kebijakan di dunia berhasil menyelamatkan ekonomi dari krisis keuangan.

Jokowi mengatakan, pesan moral yang hendak dia sampaikan lewat pidato itu yakni tentang konfrontasi dan perselisihan. Bahwa perselisihan itu bisa membawa penderitaan.

“Bahwa kekalahan maupun kemenangan dalam perang selalu hasilnya sama yaitu dunia porak-poranda. Tidak boleh melakukan kerusakan hanya untuk menghasilkan sebuah kemenangan, tidak ada artinya kemenangan yang dirayakan di tengah kehancuran. Itulah pesan moral yang ingin saya sampaikan di saat annual meeting itu,” kata Jokowi.

Pidato Jokowi mendapat sambutan positif dari para peserta IMF-World Bank. Bahkan Direktur pelaksana IMF Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengaku terpukau dengan pidato Jokowi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top