Jokowi Sangat Memahami Kebhinnekaan - strategi.id
Corong

Jokowi Sangat Memahami Kebhinnekaan

Strategi.id - Jokowi Sangat Memahami Kebhinnekaan

Strategi.id – Aneh kalau pidato presiden Jokowi mengenai Bipang Ambawang menjadi perdebatan. Pidato tersebut disampaikan oleh Jokowi di acara Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan.

Ingat !, Jokowi milik seluruh bangsa Indonesia sehingga sangat wajar kalau dalam setiap pidato Presiden Jokowi mempertimbangkan unsur keberagaman. Jokowi sangat memahami dan menghargai kebhinekaan di Indonesia.
Pihak yang mempersoalkan pidato Jokowi mengenai Bipang sangat diragukan mengenai pemahaman tentang kebhinnekaan.

Larangan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah tentunya terhadap semua suku, bangsa dan agama bukan hanya umat islam yang merayakan Idul Fitri. Termasuk umat nonmuslim yang mengkomsumsi Bipang juga dilarang mudik. Kalau rindu masakan daerahnya ya cukup pesan secara online.

Persoalan Bipang juga sebaiknya momen bagi Jokowi untuk mengevaluasi Juru Bicara Presiden. Tidak mampu menterjemahkan tujuan Jokowi atas pidatonya mengenai Bipang. Apalagi Fajroel salah memahami apa yang dimaksud Presiden. Berarti tidak ada kecocokan dan fungsi Fajroel sebagai Juru Bicara Presiden.

Penulis Oleh: Fernando EMAS
(Direktur Rumah Politik Indonesia).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top