Jokowi Sebut Indonesia Harus Berterima Kasih ke Aktivis 98 – strategi.id
Nusantara

Jokowi Sebut Indonesia Harus Berterima Kasih ke Aktivis 98

Indonesia harus berterima kasih ke Aktivis 98

Strategi.id- Jokowi Sebut Indonesia harus berterima kasih ke Aktivis 98 saat Presiden Joko Widodo menutup secara resmi Rembuk Nasional Aktivis 98 yang berlangsung di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/7/18).

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia juga langsung disambut meriah oleh puluhan ribu kawan-kawan 98.

“Hidup Pak Jokowi, hidup Pak Jokowi,” teriak para aktivis 98.

Salin itu oleh para kawan-kawan aktivis 98 Jokowi disoraki sebagai presiden Indonesia dua periode.

“Jokowi presiden dua periode,” teriak para aktivis 98.

Turut mendampingi Jokowi dalam acara tersebut Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, serta Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Terlihat pula kepala staf kepresidenan Moeldoko dan Adian Napitupulu anggota DPR Fraksi PDIP, ketua Panitia Pelaksana  Sayed Junaidi Rizaldi serta aktivis 98 lainnya.

Dalam acara tersebut, aktivis 98 yang menggelar rembuk tersebut menyampaikan sebanyak 7 poin rekomendasi kepada Presiden Jokowi.

Di antaranya, meminta Presiden memberikan gelar Pahlawan Reformasi kepada aktivis mahasiswa yang korban saat runtuhnya rezim orde baru 20 tahun lalu.

Kemudian, meminta Presiden menetapkan tanggal 7 Juli sebagai Hari Bhinneka Tunggal Ika.

“Yang kelak akan menjadi tanggal yang akan terus diperingati sebagai prinsip negara yang menhormati keberagamam dan perbedaan dalam satu bingkai NKRI,” ucap Abdullah, juru bicara acara rembuk nasional aktivis 98.

Selain itu kawan-kawan aktivis 98 meminta kepada Jokowi memberikan gelar pahlawan reformasi untuk korban Tragedi Trisakti dan Semanggi.

“Kami meminta perjuangan kawan-kawan dihargai dalam menegakan reformasi. Dua point itu yang rasa penting untuk disampaikan,” ujar Abdulah.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi penyelenggaraan Rembuk Nasional yang dihadiri sekitar lebih besar dari target 50.000Aktivis 98 dari seluruh Indonesia tersebut.

“Bangsa kita bangsa yang besar, ada 17.000 pulau, 714 suku, ini anugerah yang diberikan Tuhan, juga ribuan bahasa,” kata Jokowi.

Ditegaskan Jokowi, harus disadari bangsa Indonesia bangsa yang besar, negara yang besar dengan juml
Jokowi menyatakan, semua elemen patut berterima kasih kepada Aktivis 98 yang telah berjuang menghadirkan kebebasan berekspresi, berpendapat, dan menikmati kebebasan pers.Menurut Jokowi, aset besar bangsa Indonesia adalah persatuan di antara perbedaan.

“Tetapi kebebasan itu bukan yang semau maunya, bukan sebebas bebasnya karena kita diikat oleh aturan aturan, konstitusi, kebebsan bukan yang memberi ruang untuk adu domba masyarakat, saling mencela, mencemooh di antara kita sebagai warga yang sebangsa dan setanah air, ” tegasnya.

Sementara, terkait rekomendasi Aktivis 98, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan akan memproses secepatnya.

“Kita proses secepatnya sesuai prosedur yang berlaku,” janjinya.

Salah seorang juru bicara Aktivis 98, sarbini mengatakan, seluruh masyarakat Indonesia layak mengapresiasi apa yang disampaikan Jokowi.

“Selanjutnya kita akan kawal Pemerintahan Jokowi,” kata Sarbini dari FK’98

Rembuk nasional aktivis 98 sendiri akirnya selesai dilakukkan sengan dihadiri tidak kurang dari 60.000 peserta, mereka semua merupakan perwakilan aktivis 98 dari 29 provinsi di Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top