Jokowi Sebut Sejak Awal Mekanisme Pemilu Sudah Disetujui Semua Partai – strategi.id
Nusantara

Jokowi Sebut Sejak Awal Mekanisme Pemilu Sudah Disetujui Semua Partai

Jokowi Sebut Sejak Awal Mekanisme Pemilu Sudah Disetujui Semua Partai
Jokowi Sebut Sejak Awal Mekanisme Pemilu Sudah Disetujui Semua Partai

Strategi.id – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengatakan, segala mekanisme yang terkait dengan pemilihan umum adalah mekanisme yang sudah disepakati bersama oleh semua partai.

Jokowi berharap masing-masing peserta pemilu memahami hal itu, termasuk apabila merasa tidak puas dengan hasil perhitungan pemilu. Hal itu dikatakan Jokowi seusai menghadiri acara buka puasa bersama Partai Golkar di Senayan, Jakarta, Minggu (19/5/19) malam.

Baca Juga : Sikapi Hasil Pemilu 22 Mei 2019 dengan Solutif-Rekonsiliatif

“Mekanisme sudah disepakati bersama-sama di DPR. Semua fraksi ada semua, semua partai ada, jangan aneh-aneh lah,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, pemilu sudah melewati berbagai tahapan mulai dari pemungutan suara pada 17 April 2019.

Saat ini, tahapan memasuki perhitungan akhir sebelum hasil pemilu diumumkan pada 22 Mei 2019 mendatang. Jokowi mengatakan, sesuai mekanisme, pihak yang tidak puas terhadap penyelenggaraan pemilu dapat melaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Baca Juga : Kementerian Kesehatan Bentuk Tim Kesehatan Pasca Pemilu

Sementara, yang tidak puas terhadap hasil pemilu dapat mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Seharusnya mekanisme konstitusional itu yang diikuti. Jangan anu lah, ini kita membuat sebuah fondasi dalam kita berdemokrasi, harus diikuti,” kata Jokowi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top