Jokowi: Sekarang Semuanya Merasa Seperti Politikus – strategi.id
Nusantara

Jokowi: Sekarang Semuanya Merasa Seperti Politikus

Jokowi: Sekarang Semuanya Merasa Seperti Politikus
Jokowi: Sekarang Semuanya Merasa Seperti Politikus

Strategi.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat untuk menjaga kerukunan agar tak timbul perpercahan di tahun politik. Sebab, menurut dia saat ini masyarakat merasa seperti politikus karena terbawa urusan politik.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat memberikan sambutan dalam peringatan Israk Mikraj 1440 Hijriah di GOR Pandawa Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah, Rabu 3 April 2019.

“Kita kadang-kadang terbawa oleh urusan politik, apalagi sekarang ini semuanya sudah merasa seperti politikus semua. Enggak di warung kopi, enggak di warung bakso. Semuanya sudah, kadang-kadang melebih politikus,” ujar Jokowi.

Baca Juga : Jokowi: Ayo Berpolitik Pakai Norma dan Tata Krama

Jokowi mengatakan Indonesia adalah negara yang dianugerahi keberagaman, mulai suku, agama, budaya, adat hingga bahasa daerah. Untuk itu dia, tak ingin keberagaman ini menjadi bibit perpecahan lantatan perbedaan pandangan politik.

“Jangan sampai gara-gara urusan pilbup, pilgub, pilpres, kita tidak rukun. Rugi besar bangsa ini,” ucap dia.

Jokowi lalu menceritakan kekaguman Ibu Negara Afghanistan, Rula Ghani terhadap kerukunan masyarakat Indonesia. Jokowi pun membandingkan kondisi Indonesia dengan Afganistan, yang dilanda konflik antarsuku.

Dia menyebut Indonesia memiliki 714 suku, sementara Afganistan hanya mempunyai 7 suku. Namun, kata Jokowi, Afganistan yang hanya memiliki 7 suku itu bisa dilanda konflik karena pertikaian 2 suku. Bahkan, hingga kini konflik itu belum juga selesai.

Baca Juga : Jokowi: Jadi Pengusaha Sukses Itu Kepercayaan Bukan Modal

Mantan Gubernur DKI Jakara itu pun meminta agar konflik yang melanda Afganistan menjadi pelajaran bagi masyarakat Indonesia. Terlebih, saat ini masyarakat dihadapi dengan perhelatan politik.

“Apa yang disampaikan oleh Ibu Rula Ghani menjadi evaluasi kita, koreksi kita. Agar kehidupan kita dalam berbangsa bisa lebih baik dari hari ke hari, bisa menjaga ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah, ukhuwah insaniyah, ukhuwah basyariyah,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top