Jokowi Singgung Tempe Tebal dan Harga Mahal – strategi.id
Nusantara

Jokowi Singgung Tempe Tebal dan Harga Mahal

Jokowi Singgung Tempe Tebal dan Harga Mahal
Jokowi Singgung Tempe Tebal dan Harga Mahal

Strategi.id – Presiden Jokowi blusukan ke sebuah pasar yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Jokowi memborong sejumlah kebutuhan dapur, salah satunya adalah tempe. Di momen itu, Jokowi menyinggung mengenai tempe yang tebal dan menyentil orang yang bilang harga di pasar mahal.

“Ini sambil ngecek tempe naik atau tidak naik. Harganya tetap. Tadi lihat sendiri. Ya (tempenya) tebal,” kata Jokowi di lokasi, Selasa malam (30/10/18).

Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang saat ‘blusukan’ ke pasar itu. Dia juga berbincang dengan para pedagang seputar harga pangan.

“Ini berapa cabai sekilo, Bu?” tanya Jokowi.

“Rp 30 ribu, Pak. Sudah turun,” jawab salah satu pedagang.

Setelah blusukan di Pasar Suryakancana, Bogor, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemukan harga bahan pokok stabil. Dia meminta sejumlah pihak ataupun masyarakat yang masuk ke pasar tak asal berteriak harga sembako mahal.

“Saya hanya ingin pertama karena kalau kita melihat angka-angka inflasi itu kan di bawah 3,5, artinya harga itu stabil dan tadi saya apa, beberapa saya lihat memang beberapa ada penurunan. Misalnya sayuran ya, tadi sawi hijau biasanya Rp 8 ribu ke Rp 7 ribu. Kemudian buncis biasanya Rp 16 ribu ini tadi Rp 12 ribu,” kata Jokowi.

Dia mengingatkan jangan sampai ada pihak yang berteriak harga bahan pokok di pasar mahal apabila tidak melihat faktanya. Sebab, hal itu akan membuat masyarakat enggan datang berbelanja ke pasar tradisional. Padahal pasar tradisional merupakan pasar paling murah.

“Jadi jangan sampai ada yang teriak di pasar harga mahal-mahal. Nanti ibu-ibu di pasar marah, nanti nggak ada yang datang ke pasar, larinya ke supermarket, ke mal,” kata Jokowi.

Tempe, makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini memang identik dengan merakyat. Soal tempe juga pernah jadi materi pembicaraan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno. Dia pernah menyebut tempe saat ini jadi setipis kartu ATM gara-gara harga Dolar yang bikin Rupiah keok.

“Kita sangat khawatir, prihatin dengan keadaan ekonomi dan kita ingin menyuarakan aspirasi rakyat. Tempe katanya sekarang sudah dikecilkan dan tipisnya udah hampir sama dengan kartu ATM,” kata Sandiaga di kediaman Prabowo Subianto, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (07/09/18).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top