Jokowi Tinjau Pembangunan Runway 3 Bandara Soetta - strategi.id
Infrastruktur

Jokowi Tinjau Pembangunan Runway 3 Bandara Soetta

pembangunan

Strategi.id- Jokowi Tinjau Pembangunan Runway 3 Bandara Soetta, kamis 21 juni 2018. Dari data yang ada jumlah penumpang melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta saat ini mencapai 63 juta orang setiap tahun. Tahun 2025, jumlah itu diperkirakan melonjak sampai 100 juta orang. Jika tak dipersiapkan dari sekarang, kita akan kedodoran menghadapi lonjakan penumpang.

Karena itulah, proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta akan dimulai pada tahun 2020. Perancangan terminal baru ini sedang dikerjakan. Lokasinya di bekas lapangan golf Soewarna dalam kawasan bandara.

Mantan gubenur DKI Jakarta ini menyebut anggaran pengembangan Terminal 4 mencapai Rp 11 triliun. “Kita berusaha di setiap pembangunan selalu gandeng private sector, dari swasta, tapi terserah ini B2B (business to business) Angkasa Pura dengan siapa,” kata Presiden

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi seusai meninjau proyek landasan ancang (taxiway) dan landasan pacu (runway) ketiga di Bandara Soekarno-Hatta.

Saat ini pun terdapat dua proyek yang sedang dikerjakan di Bandara Soekarno-Hatta. Yakni, pelaksanaan landasan pacu (runway) sepanjang 3.000 meter dan taxi way sepanjang 3.160 meter yang saya tinjau pagi tadi. Pembangunan landasan pacu baru itu sudah dimulai pada Maret 2018, dan akan selesai bulan Juni 2019. Pembangunan landas pacu ketiga ini akan meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat menjadi 120 pesawat per jam, dari 81 pesawat per jam saat ini.

Runway ketiga ini bisa menambah slot penerbangan dari luar negeri yang ingin masuk ke Indonesia yang memberi dampak dari segi ekonomi. Banyak yang antri ingin terbang ke Jakarta lewat Bandara Soekarno-Hatta — dari Timur Tengah, dari Asia, dari Eropa.

Kedua pembangunan landasan pacu (runway) dan taxi way menelan biaya hingga sekitar Rp1,5 triliun dengan pembangunan landasan pacu yang baru  dimulai pada Maret 2018 dikarekan adanya masih terkendala pembebasan tanah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top