Jurnalis Jamal Khashoggi Dibunuh dan Dimutilasi - strategi.id
Internasional

Jurnalis Jamal Khashoggi Dibunuh dan Dimutilasi

Jurnalis Jamal Khashoggi Dibunuh dan Dimutilasi
Jurnalis Jamal Khashoggi Dibunuh dan Dimutilasi

Strategi.id – Nasib Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi yang hilang setelah masuk ke konsulat jenderal negerinya di Istanbul, masih belum terlampau jelas.

Namun, aparat keamanan Turki mengklaim Jamal dibunuh di dalam kantor konsulat dan telah memiliki rekaman audio interogasi hingga pembunuhan Jamal.

Selanjutnya, sejumlah klaim “mengerikan” bermunculan, salah satunya dari Al Jazeera yang menyebut pembunuhan dan mutilasi Jamal Khashoggi hanya membutuhkan waktu 7 menit.

Tersangka pelaku pembunuhan dan mutilasi diduga adalah ahli forensik Saudi Muhammad al-Tubaigy. Suara Al-Tubaigy dilaporkan terdengar dalam rekaman audio yang dimiliki kepolisian Turki.

Dia bahkan menyarankan para interogator “mendengarkan musik” saat dia menyingkirkan jenazah Khashoggi.

Menurut kepolisian Turki, Al-Tubaigy adalah satu dari 15 warga Saudi yang tiba di Istanbul menggunakan dua pesawat terbang.

Ke-15 orang itu kemudian memasuki kantor konsulat Arab Saudi di saat Khashoggi masih berada di dalam gedung itu. Di hari yang sama dengan kedatangannya, kelompok ini langsung meninggalkan Istanbul bersama dengan seorang  perwira intelijen dan pengawal kerajaan.

Harian The New York Times berhasil mengonfirmasi identitas sembilan orang dalam kelompok itu. Harian tersebut melaporkan, empat dari sembilan orang itu pernah menjadi pengawal putra mahkota Mohammed bin Salman.

Sejauh ini Pemerintah Arab Saudi masih membantah tudingan terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi di kantor konjennya di Istanbul. Pemerintah Saudi selalu menyatakan Jamal meninggalkan gedung konsulat tetap tidak menyertakan bukti untuk memperkuat klaim mereka.

“Pemerintah Saudi tidak bisa terus diam, dan pemerintah kami serta pihak lain harus terus mendesak agar kebenaran diungkap,” kata CEO The Washington Post, Fred Ryan.

Bahkan, Kepala Badan HAM PBB Michelle Bachelet menyerukan agar kekebalan diplomatik para pejabat Saudi yang diduga terlibat dalam masalah ini dicabut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top