Jurus Terbaru Usir Kali Item Ala Pemprov DKI – strategi.id
Dialektika

Jurus Terbaru Usir Kali Item Ala Pemprov DKI

Jurus Terbaru Usir Kali Item Ala Pemprov DKI
Jurus Terbaru Usir Kali Item Ala Pemprov DKI

Strategi.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pemasangan jaring (waring) untuk mengurangi penguapan dari Kali Item, Anies berharap dengan pemasangan tersebut akan mengurangi bau.

Kali Sentiong itu lebih populer dengan nama Kali Item. Pasalnya, kali itu berwarna hitam pekat. Warga sekitar selama ini telah mengeluhkan bau tak sedap yang muncul dari kali tersebut.

Pemasangan jaring-jaring berbahan nilon yang biasa disebut kain waring itu menjadi salah satu cara Pemprov DKI dalam mengatasi buruknya rupa Kali Item sebelum menerima para atlet Asian Games 2018 dari mancanegara yang akan menginap di Wisma Atlet.

Demi terlihat lebih menarik dan tidak tampak jorok, jaring-jaring itu yang membentang sepanjang 689 meter mulai dari Jembatan Mato hingga Jembatan Jubilee School akan dilengkapi dengan tanaman hias serta lampu-lampu.

Tak cukup dengan hanya membentangkan jaring, pihak Pemprov DKI mengambil langkah selanjutnya yakni akan memberikan cairan untuk mengurangi aroma tak sedap dari kali item tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bau tak sedap yang ada di Kali Item akan tertangani dengan disemprotkan penghilang bau. Ia mengatakan penghilang bau tersebut bukanlah pewangi.

“Iya. Pak teguh itu tidak semprot pewangi tapi penghilang bau. Penghilang bau dengan pewangi itu beda,” ungkap Anies usai acara pertemuan akbar guru SLB se-DKI Jakarta di SLB A Pembina Tingkat Nasional, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (28/7/2018).

Menurut Anies, penghilang bau dapat menetralisir bau dari kali yang berada di dekat wisma atlet Kemayoran itu.

“Kalau penghilang bau itu menetralisir agar tidak bau, dan itu tapi ada yg menulis pewangi bukan, penghilang bau. Penghilang bau bukan berarti pewangi tapi netraliser,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), Teguh Hendrawan, optimistis bisa menghilangkan bau tersebut sebelum Asian Games 2018 berlangsung.

Menurut dia, banyak yang datang ke Dinas SDA DKI Jakarta untuk menawarkan produk penghilang bau.

“Terus terang saja yang datang ke Dinas SDA banyak. Menawarkan produk-produk bisa menjernihkan, mengurangi bau, menghilangkan bau,” kata Teguh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top