Hebat Mobil Desa Unjuk Gigi di GIIAS 2018 - strategi.id
Teknologi

Hebat Mobil Desa Unjuk Gigi di GIIAS 2018

CNN Indonesia

Strategi.id – Hebat Mobil Desa Unjuk Gigi di GIIAS 2018, Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 akan segera diselenggarakan. Berbagai anggota ikut serta di pameran tahunan ini, produsen motor asal Indonesia lebih menunjukan taringnya.

Salah satunya adalah Kendaraan pedesaan yang kini bernama Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) ditargetkan mengantongi 70 persen tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Jumlah tersebut setara dengan 185 jenis komponen di dalamnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa saat ini industri otomotif dalam negeri sudah mampu memproduksi 185 jenis komponen atau setara 70 persen TKDN.

“Melalui konsolidasi dengan pelaku industri nasional, kami membangun komitmen kerjasama dengan lebih dari 70 industri yang siap menjadi pemasok komponen AMMDes, di mana sebagian besar adalah industri kecil dan menengah,” imbuh Airlangga dalam keterangan resmi.

Untuk mengembangkan AMMDes, pemerintah akan menggandeng PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) . Saat ini kabarnya AMMDes telah memasuki tahap finalisasi purwarupa.

Produksi massal rencananya akan mulai dilakukan pada Januari 2019 mendatang.

“Uji coba lapangan AMMDes dilakukan di kawasan Bogor mulai awal April 2018 dan masih berlangsung sampai saat ini,” ujarnya.

Pengujian yang dilakukan meliputi performa dan daya tahan unit parsial yang meliputi mesin, sasis, suspensi, transmisi, dan lainnya.

Nantinya, KMWI direncankan juga akan menyiapkan beberapa desain platform AMMDes melalui pengembangan power train dan sasis. Misalnya untuk kendaraan yang bakal diaplikasikan di daerah dataran serta perbukitan dengan tingkat kemiringan 20-300 menggunakan pengerek diesel dan mesin.

Lebih lanjut, Airlangga memastikan mobil ini akan memulai debut perdananya di perkelatan Gaikindo Indonesia International (GIIAS) pada Agustus 2018 mendatang.

“AMMDes ini akan dilaunching pada GIIAS nanti,” kata Airlangga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top