Keadaan Memanas, Pemimpin Oposisi Venezuela Dilarang Berpolitik - strategi.id
Internasional

Keadaan Memanas, Pemimpin Oposisi Venezuela Dilarang Berpolitik

Strategi.id – Pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido, menerima hukuman maksimal dari yang diizinkan oleh peraturan hukum negara atas kesalahan yang dibuatnya. Guaido terbukti gagal dalam mengungkapkan transparansi keuangannya.

Hukuman yang diterimanya berupa larangan untuk memberikan layanan di pemerintahan.

“Guaido dilarang memegang jabatan publik selama 15 tahun,” ungkap pengawas keuangan negara bagian, Elvis Amoroso, seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (29/3/19).

Baca juga : Pemimpin Oposisi Venezuela Di Tangkap

“Alasan di balik larangan itu adalah inkonsistensinya dalam pengungkapan keuangan pribadi dan catatan pengeluaran yang tidak sesuai dengan tingkat pendapatannya,” tambah Amoroso.

Amoroso menjelaskan bahwa Guaido telah melakukan lebih dari 91 perjalanan ke luar negeri yang menghabiskan sekitar 520 juta bolivar (Rp 2,25 miliar).

Baca juga : Garda Nasional Venezuela Ditangkap Setelah Gagal Melakukan Pemberontakan

Hukuman ini menyusul ulasan deklarasi Guaido terkait properti yang diprakarsai oleh Kantor Jenderal Pengawas Keuangan Venezuela pada Februari lalu. Penyelidikan dilakukan sehubungan dengan adanya kecurigaan bahwa Guaido, yang sempat mendeklarasikan dirinya sebagai presiden Venezuela yang baru, telah menyembunyikan atau memalsukan data yang ada di dalamnya. Dia juga dicurigai telah menerima uang dari struktur nasional dan internasional tanpa memberikan klarifikasi apapun.

Menanggapinya, Guaido dilaporkan menolak perintah pemerintah untuk berhenti dari jabatannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top