Kesiapan Menghadapi Realitas Baru !!! Disruption Era Sudah Datang – strategi.id
Dialektika

Kesiapan Menghadapi Realitas Baru !!! Disruption Era Sudah Datang

Strategi.id - Kesiapan Menghadapi Realitas Baru !!! Disruption Era Sudah Datang ( Foto : is)

Strategi.id – Melihat Perdebatan di Sosial Media tentang pilihan CAPRES, menjadikan kita ikut PRIHATIN, mengingat peserta aktif dalam perdebatan di sosmed ini kebanyakan adalah generasi muda yang katanya generasi Milenial yang sadar akan kemajuan teknologi, tetapi sejatinya hanya sekedar menggeser uneg-unegnya di dunia Nyata ke dunia Maya.

TANPA ada kesadaran yang memadai bahwa tantangan generasi tersebut ke depan amatlah berat.

KALAU saja Perusahaan sebesar Nokia yg mendunia TERSINGKIR karena hadirnya Android di tahun 2011 Apa lagi sekedar individu yg hanya memiliki Skill yang sederhana untuk persiapan Profesinya kedepan, dimana skill tersebut sangat mudah di gantikan oleh Robot dan Mesin.

Kedepan Software atau perangkat lunak akan merusak semua industri-industri tradisional. Akibatnya 70 – 80% pekerjaan akan Hilang dalam 20 tahun kedepan, TETAPI akan muncul lebih banyak pekerjaan-pekerjaan baru, tinggal apakah orangnya mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut atau tenggelam dan Lenyap oleh perubahan yang terjadi, Karena memang pada Hakekatnya, hanya satu yang abadi di DUNIA ini, yaitu PERUBAHAN.

Untuk itu MATERI diskusi kita akhir pekan ini adalah tentang menghadapi REALITA baru tersebut.

Sebagai Pengantar diskusi, di bawah ini ada beberapa Peristiwa yang disebabkan adanya Revolusi Teknologi dan Informasi yg saya catat dan sarikan dari berbagai sumber, yang telah menyebabkan perubahan mendasar dalam realitas kehidupan ini, diantaranya sebagai berikut:

SEKEDAR BAHAN RENUNGAN BERSAMA

1.Begitu Kamera Handphone muncul, Profesi tukang Foto keliling dan foto di tempat wisata hilang. Lalu Kamera digital datang, pabrik roll film tutup, profesi tukang cuci cetak foto, tenggelam dan lenyap.

2.Compact Disc datang, kaset lenyap. Pabrik kaset tutup, Buruh di PHK. Kemudian Teknologi internet datang, CD hilang, Pabrik di tutup juga. Kembali Buruh di pecat

3.FINTECH yang benar-benar dirancang secara disruptif, low cost dan serba digital telah berdampak pada Dunia Perbankan. Begitu Internet banking hadir, kedepan teller bank berkurang dan akan disusul oleh pekerja-pekerja bank level operator yg juga akan dikurangi, dan mereka di PHK.

4.DAN perlu kita ketahui jumlah karyawan Bank lebih tiga juta pegawai dengan 138 bank konvensional dan 32.285 kantor cabang yang akan berhadapan dengan 65 fintech (yang terdaftar di OJK), dan diprediksi menjadi 164 pada akhir 2018. Sehingga kemungkinan tak terelakkan perbankan akan menciut tinggal bankir-bankir kunci saja yang bekerja. Jadi akan bertambah lagi jumlah karyawan yang di PHK

5.Jalan tol tidak lagi membutuhkan Orang untuk menjaga booth tiket.

6.Buku online datang, percetakan Bangkrut, Buruh yg kerja mencetak di PHK

7.Era youtube hadir, seniman dan artis penyanyi nyengir, meski belum sepenuhnya tersingkir, karena lewat youtube, mereka bersaing dengan jutaan manusia awam lainnya yg ternyata gak kalah bagus dalam bernyanyi.

8.Era medsos tiba, Media Cetak (Koran & Majalah) sedang menunggu kematiannya, dan kemungkinan Profesi Wartawan tinggalah Kenangan. Karena saat ini setiap orang bisa menjadi jurnalis dadakan dengan gadgetnya dan gratis, mereka melaporkan kejadian apapun yang ditemukan di jalanan.

9.TEKNOLOGI 3D Printing
HADIRnya teknologi 3D printing, menyebabkan orang akan bisa membuat dan memproduksi sendiri barang keperluannya, mulai dari piring, gelas, sendok, Sepatu dan berbagai aneka souvenir. BAHKAN dengan Teknologi 3D printing, di China mereka telah berhasil membuat rancangan dan membangun bangunan perkantoran 6 lantai melalui system 3 Dimensi. Dimana gedung dibangun tanpa perlu banyak tenaga arsitek, insinyur sipil, mandor dan tukang bangunan. Tentu ini kedepan membahayakan profesi para insinyur, yang bikin maket, yg tukang gambar, kemana mereka jika tidak ikut menguasai Teknologi 3D Printing tsb.

10.Saat ini Harga mesin cetak 3 D turun drastis dari semula berharga $18.000 menjadi $400 dalam 10 tahun terakhir. Dan diwaktu yang sama, kecepatannya juga menjadi 100 kali lebih cepat. Hampir semua perusahaan sepatu besar telah memulai pencetakan sepatu-sepatu dengan menggunakan teknologi 3 D. Di bandara-bandara yang berada di pedalaman, beberapa onderdil cadangan telah berhasil dicetak dengan menggunakan mesin cetak 3 D. Bahkan di stasiun antariksa telah memiliki mesin cetak yang sanggup mengurangi kebutuhan membawa onderdil dalam jumlah yang banyak di masa lalu.

11.Pada akhir tahun ini, telepon-telepon genggam yang baru akan mempunyai kemampuan menggambar 3 Dimensi. Anda akan bisa men-scan kaki anda dan kemudian mencetak sepatu anda sendiri di rumah. DIPERKIRAKAN Pada tahun 2027, 10% dari semua barang-barang produksi akan dicetak dengan system 3 D.

12.Teknologi Proyektor mini ditemukan, maka tidak menutup kemungkinan sebentar lagi TV akan hilang, DAMPAKNYA pabrik TV tutup, Buruh dan Karyawan lainnya juga akan di PHK.

13.Saat ini sudah ditemukan teknologi untuk mengembang biakkan sel-sel daging ternak, sehingga orang tidak perlu lagi membangun peternakan untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan proteinnya.

14.Di Amerika Serikat sekarang ini ada perangkat yang bernama IBM Watson, anda bisa mendapatkan saran-saran hukum (sejauh ini masih hal-hal dasar) hanya dalam beberapa detik saja, dengan tingkat ke-akurasian 90%, dibandingkan dengan tingkat akurasi yang hanya 70%, jika dilakukan oleh manusia. DAMPAKnya banyak pengacara-pengacara muda sudah mulai kesulitan mendapatkan pekerjaan. Di prediksi Pengacara hukum akan berkurang sebesar 90% di masa depan. Hanya ahli-ahli yang akan bertahan.

15.Tahun 2018 Mobil yang dikendalikan tanpa bantuan manusia akan diluncurkan pertama kali untuk publik. Akibatnya Sekitar tahun 2020, seluruh perusahaan mobil konvensional akan mulai terganggu. Sebab pada saatnya nanti orang tidak akan lagi merasa perlu memiliki sebuah mobil, mereka cukup menelpon sebuah mobil, dan akan datang ke lokasi di mana mereka berada, lalu kemudian mengantarkan ke tempat tujuan, jadi tidak perlu lagi repot memarkirkan mobil, dan hanya perlu membayarkan jarak tempuh, sementara itu di dalam kendaraan masih tetap produktif sewaktu mengendarai.

16.Begitu juga dengan Dunia MEDIS ; Ada perusahaan yg membangun alat kesehatan yang bernama ‘Tricorder X’ (disebut ‘Tricorder’ dari istilah Star Trek) yang akan berfungsi dengan telepon genggam anda, dan bertujuan untuk mengambil scan retina mata, sampel darah dan anda tinggal bernafas saja di alat tersebut. Alat ini kemudian akan menganalisa 54 tanda-tanda alami yang akan mengidentifikasi semua jenis penyakit yang dialami. Harganya nanti akan sangat murah, sehingga dalam beberapa tahun ke depan, setiap orang yang ada di Dunia ini akan memiliki akses terhadap analisa kesehatan peringkat tertinggi dunia, hampir tanpa biaya. Selamat tinggal penemuan-penemuan medis.

17.Ada sebuah aplikasi yang disebut ‘moodies’ yang sudah dapat mengatakan perasaan anda sedang bagaimana saat ini. Pada tahun 2020 nanti akan ada aplikasi yang bisa mengatakan ekspresi wajah anda, misalnya jikalau anda berbohong.

18. Saat ini masa hidup rata-rata manusia meningkat 3 bulan setiap tahunnya. Dan pertambahan tersebut akan semakin meningkat, dan pada tahun 2036, akan terjadi penambahan umur 1 tahun setiap tahunnya. Empat tahun yang lalu, masa hidup orang hanya 79 tahun, sekarang meningkat menjadi 80 tahun.

Jadi, kita semua bisa hidup lebih panjang, mungkin bisa mencapai umur lebih dari 100 tahun. BAYANGKAN dengan masa hidup lebih panjang, jika kita tidak memiliki kemampuan dan Ilmu Pengetahuan maka kita akan terjebak dalam penderitaan. Maka mengingat kembali pesan Imam Syafei menjadi wajib kita sampaikan untuk kita bersama. Salam

Jakarta, 20 Oktober 2018
Dr. USMAR. SE.,MM

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top