Khawatir Wudu Tak Sah, Ada TPS di Cirebon Ganti Tinta Jadi Kunyit - strategi.id
Nusantara

Khawatir Wudu Tak Sah, Ada TPS di Cirebon Ganti Tinta Jadi Kunyit

Strategi.id – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat Divisi Teknis Pemilu, Endun Abdul Haq mengatakan ada satu kampung di Cirebon yang menolak menggunakan tinta sebagai penanda sudah mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

“Di komplek perkampungan Benda Kerep, dia tidak menggunakan tinta, tapi menggunakan alat penanda yaitu kunyit. Itu memang khasanah di Kota Cirebon seperti itu dari pemilu ke pemilu,” kata dia di Bandung, Senin, 15 April 2019.

Endun mengatakan, warga kampung tersebut menolak penggunaan alat penanda tinta yang disediakan oleh KPU. “Dia punya kepercayaan kalau tinta itu menyebabkan wudu tidak sah,” kata dia.

Baca juga : Kaum Muda Milenial Deklarasi Pemilu Damai dan Tolak Golput

Menurut Endun, ada tiga TPS di komplek perkampungan Benda Kerep di Kota Cirebon yang menolak penggunaan tinta sebagai alat tanda setelah pencoblosan. “Yang jelas tidak menggunakan tinta untuk penanda yang sudah mencoblos tapi menggunakan kunyit untuk penanda bahwa dia sudah mencoblos,” kata dia.

Endun mengatakan, hanya 3 TPS di Benda Kerep Kota Cirebon yang menolak botol tinta yang disediakan KPU di pemilu serentak 2019 ini. “Hanya di Cirebon saja,” kata dia.

Anggota KPU Jawa Barat Divisi Perencanaan Dan Logistik, Nina Yuningsih membenarkan. “Itu kearifan lokal masyarakat di sana. Alat penandanya tidak memakai tinta,” kata dia, Senin, 15 April 2019.

Nina mengatakan, kendati tidak menggunakan botol tinta yang disediakan, petugas KPU yang menjaga TPS menyediakan alat penanda pengganti berbahan kunyit. “Penyelenggara kami di sana, petugas di sana yang mempersiapkan itu,” kata dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top