Komisi Penyiaran Indonesia Siap Kawal Pemilu 2019 - strategi.id
Nusantara

Komisi Penyiaran Indonesia Siap Kawal Pemilu 2019

Strategi.id - Komisi Penyiaran Indonesia Siap Kawal Pemilu 2019
Strategi.id - Komisi Penyiaran Indonesia Siap Kawal Pemilu 2019

Strategi.id – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melalui Rapat Pimpinan KPI 2018 menyatakan kesiapannya mengawal siaran Pemilu selama perhelatan Pemilu Serentak 2019.

Menurut Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis, hal itu dilakukan guna memastikan lembaga penyiaran menghadirkan informasi yang baik.

“Rapim ini diselenggarakan dengan semangat mewujudkan lembaga penyiaran independen dan berimbang melalui pengawasan, agar lembaga penyiaran dapat menghadirkan informasi yang baik,” ujar Yuliandre dalam Rapim KPI seluruh Indonesia di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (27/11/18).

Menurutnya, selain memastikan konten Pemilu yang berimbang, KPI juga akan mencermati potensi munculnya informasi hoaks. Yuliandre mengajak seluruh pihak untuk dapat mengambil peran dalam mengawal siaran Pemilu.

Dia menegaskan, KPI akan terus melakukan koordinasi dengan Dewan Pers, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam tugas pengawasan.

Jelang Pemilu, Bawaslu Ajak Pemilih Pemula Sadar

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan Program Sekolah Demokrasi Akar Rumput (Sadar) untuk memberikan pendidikan demokrasi dan meningkatkan partisipasi pemilih.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan 14 lembaga pendidikan tingkat SMA atau sederajat untuk menjalankan Program Sadar jelang Pemilu 2019.

“Sebanyak 14 SMA/SMK sudah menjalin kerja sama dengan kami, nanti kami akan mengukuhkan empat siswa dari setiap sekolah sebagai duta kepengawasan,” ujar Robianto, seperti dilansir Antara, Selasa (27/11/18).

Ia mengatakan, siswa di sejumlah sekolah merupakan para pemilih pemula potensial yang belum banyak mengetahui tentang demokrasi dan kepemiluan.

“Pada Pemilu 2019 para pemilih pemula ini sudah mempunyai hak pilih, maka kami ingin mereka menjadi pemilih yang cerdas dan pemilih yang berkualitas,” ucapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top