Komplotan Pengoplos Gas Elpiji Dibekuk – strategi.id
Nusantara

Komplotan Pengoplos Gas Elpiji Dibekuk

Komplotan Pengoplos Gas Elpiji Dibekuk
Komplotan Pengoplos Gas Elpiji Dibekuk

Strategi.id – Mencari keuntungan dalam bidang usaha jamak di rasa, sebab memang seperti itulah perilaku ekonomi untuk mendapatkan laba.

Namun berbeda urusannya ketika untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, pelaku usaha mengambil jalan pintas dengan melakukan tindakan yang tidak terpuji dalam berusaha.

Telah terjadi tindak pidana di bidang perlindungan konsumen Metrologi Legal terkait dengan bidang usaha distribusi Gas LPG yang biasa dipergunakan masyarakat sebagai kebutuhan pokok dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.

Anggota Subdit III Sumdaling Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya pada Selasa (22/01/19) telah melakukan penangkapan terhadap pelaku pemindahan isi tabung gas LPG ukuran 3 kg (subsidi) yang di oplos ke tabung gas LPG ukuran 12 kg, yang terjadi di beberapa wilayah hukum Polda Metro Jaya di Jakarta Timur dan Tangerang Selatan.

Baca Juga : Kapolri Tito Karnavian Rotasi Sejumlah Kapolda

Modus operandi yang dilakukan adalah pelaku membeli bahan – bahan tabung gas 3 kg berasal dari sub agen (dalam pengembangan penyidik) dengan harga rata – rata sekitar Rp14.850,- per tabung dan dari warung – warung (juga dalam pengembangan penyelidik) dengan harga rata – rata sekitar Rp17.500,- per tabung 3 kg. Sehingga modal awal pelaku sekitar Rp59.400,- hingga Rp70.000,- untuk membeli 4 buah tabung gas LPG 3 kg yang akan dipindahkan ke tabung gas LPG ukuran 12 kg.

Pelaku yang berinisial Adn als End, LA, RSM, KND, KSN, YEP memindahkan isi tabung gas LPG ukuran 3 kg ke tabung gas LPG ukuran 12 kg dengan cara menggunakan alat bantu berupa pipa regulator rakitan untuk memindahkan isi dari tabung gas 3 kg ke tabung gas kosong LPG ukuran 12 kg, untuk diperjualbelikan.

Adapun cara para pelaku memindahkan isi tabung gas tersebut dengan cara tabung gas LPG ukuran 12 kg ditumpu antar regulator tabung yang kemudian bagian atasnya diberikan es batu agar suhu menjadi dingin.

Membutuhkan waktu 30 menit untuk memindahkan isi tabung gas LPG ukuran 3 kg ke dalam tabung kosong gas LPG ukuran 12 kg.

Untuk mengisi satu tabung gas LPG ukuran 12 kg, pelaku memerlukan empat buah tabung gas LPG ukuran 3 kg. Kemudian pelaku menjual kembali tabung gas LPG ukuran 12 kg hasil pemindahan dengan harga Rp135.000,- hingga Rp150.000,- kepada konsumen dengan cara menjual di toko milik pelaku dan ada juga yang di antar ke konsumen/pelanggan.

Sehingga keuntungan yang di dapat oleh pelaku sebesar Rp65.000,- hingga Rp75.600,- per tabung gas LPG ukuran 12 kg.

Baca Juga : Polda Jateng Larang Rest Area Dimanfaatkan Untuk Kegiatan Politik

Para pelaku menjual tabung gas LPG ukuran 12 kg hasil pemindahan tersebut ke wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Sementara harga resmi dari Pertamina untuk satu tabung LPG 3 kg sebesar 14.000,- dan Pertamina memberikan harga keuntungan Rp2.000,- per tabung gas LPG 3 kg bagi agen resmi, artinya harga yang dipasaran seharusnya Rp16.000,- per tabung gas 3 kg dan harga gas LPG 12 kg adalah sebesar Rp135.000,- per tabung dan harga jual di konsumen dengan harga Rp150.000,-

Oleh sebab itu, para pelaku tergiur dengan keuntungan yang akan di ambil hanya dengan modal awal harga subsidi di jual dengan harga non subsidi. Hal tersebut menyebabkan langkanya gas LPG 3 kg di pasaran. LIN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top