Kotak Hitam Anyar Bisa Langsung 'Streaming' Data Pesawat - strategi.id
Teknologi

Kotak Hitam Anyar Bisa Langsung ‘Streaming’ Data Pesawat

Kotak Hitam Anyar Bisa Langsung 'Streaming' Data Pesawat
Kotak Hitam Anyar Bisa Langsung 'Streaming' Data Pesawat

Strategi.id – Honeywell International Inc. membuat kotak hitam yang bisa mengirimkan data secara real time. Data ini bisa diakses melalui streaming (diaruskan/ dikirim terus menerus) menggunakan satelit sehingga penerima data bisa langsung mengetahui penyebab kecelakaan pesawat tanpa harus menemukan kotak hitam itu terlebih dulu. 

Ini akan jadi kotak hitam pertama di dunia yang bisa mengirimkan data secara langsung. Selain itu, kapasitas penyimpanan data kotak hitam ini juga akan ditingkatkan, seperti disebutkan divisi perusahaan teknologi yang bergerak di industri kedirgantaraan.

“(Kotak hitam ini) menjanjikan keuntungan bagi para penyelidik karena bisa memberikan informasi awal mengenai penyebab kecelakaan,” jelas konsultan keselamatan penerbangan Bill Voss kepada The Wall Street Journal. 

Baca Juga : Apa Saja Data yang Direkam Black Box Pesawat?

“Anda akan mendapat data dengan segera,” jelasnya, Kamis (7/2/19). 

Kotak hitam memegang peranan penting sebagai sumber data ketika terjadi masalah pada pesawat. Sebab kotak ini mengumpulkan informasi dari berbagai sumber mesin pesawat secara pasif ketika penerbangan dilakukan.

Misteri kecelakaan pesawat terbang seringkali sulit terungkap lantaran sulitnya menemukan kotak hitam. Pada kecelakaan Air France 447 di Samudra Atlantik, kotak hitamnya tak ditemukan hingga dua tahun kemudian setelah mengeluarkan dana US$40 juta untuk melakukan pencarian di samudra itu.

Kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH370 pada Maret 2014 lalu pun tetap menjadi misteri hingga saat ini lantaran jejak pesawat itu tal terdeteksi dan kotak hitamnya tak pernah ditemukan. Ha ini membuat anggota keluarga dari 239 penumpang dan kru terombang-ambing tanpa kepastian.

Selain membantu mendeteksi penyebab kecelakaan, teknologi ini juga membantu maskapai untuk memelihara pesawat mereka. Sebab mereka bisa menggunakan data penerbangan untuk melakukan pemeliharaan prediktif.

Pembaruan teknologi kotak hitam telah menjadi perbincangan publik sejak bertahun-tahun. Publik bertanya-tanya mengapa mereka kini sudah bisa menggunakan WiFi di pesawat, tapi kotak hitam tak kunjung punya kemampuan itu.

“Kebutuhan perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder) dan perekam data penerbangan (Flight Data Recorders) yang terpercaya tak bisa dihindarkan,” jelas Ben Driggs, Honeywell’s president of services and connectivity. 

Kedua fungsi perekaman CVR dan FDR inilah yang dikenal sebagai kotak hitam. Honeywell menyebut akan mengeluarkan tiga varian untuk produknya, perekam online CVR, FDR, atau gabungan keduanya. 

Baca Juga : Flightradar24 Aplikasi Pelacak Lokasi Pesawat

Honeywell bekerjasama dengan pembuat kotak hitam Curtiss-Write, “untuk merancang dan mengembangkan perekam generasi baru yang bisa memanfaatkan keahlian hardware dan software kami untuk membuat perekam yang bekerja 25 jam untuk menyediakan informasi yang tepat dan tersedia bagi operator pesawat terbang ketika dibutuhkan.”

Curtiss-Write akan mengembangkan perangkat keras kotak hitam, sementara Honeywell membuat software agar perangkat itu bisa mengirimkan data secara langsung (real time).

Saat ini masih ada perdebatan di antara ahli kedirgantaraan soal keuntungan data penerbangan yang dialirkan (streaming) dibanding data fisik yang dipasang dan bisa dilepas dari ekor pesawat dan mengambang di laut ketika terjadi kecelakaan.

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Atas