KPU Umumkan Lebih Cepat Dari Jadwal Dengan Kemenangan Jokowi-Maruf di 21 Provinsi – strategi.id
Nusantara

KPU Umumkan Lebih Cepat Dari Jadwal Dengan Kemenangan Jokowi-Maruf di 21 Provinsi

Strategi.id- Pasangan nomer urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin menjadi pemenang dalam hasil rekapitulasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum, Selasa (21/5/19) pukul 01.46 dini hari.

Pasangan Jokowi-Maruf ini mengungguli lawannya pasangan nomer urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno . Dalam rekapitulasi yang dilakukan KPU, pasangan nomor urut 01 ini memperoleh suara sebesar 85.607.362 atau sekitar 55,50 persen.

baca juga : KPU : Hasil Pilpres 2019 Jokowi-Maruf Menang 55,5% dari Prabowo-Sandi 44,5%

“Keputusan ini disahkan pada 21 Mei 2019, pukul 01.46 WIB,” ujar Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik.

Jokowi-Ma’ruf mengungguli Prabowo-Sandiaga dengan selisih suara sebanyak 16.957.123 atau sebesar 11 persen suara. Perolehan suara Prabowo-Sandiaga mencapai 68.650.239 suara atau sebesar 44,50 persen suara.

Rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi ini dihadiri seluruh komisioner KPU, ketua dan anggota Bawaslu, serta I Gusti Putu Artha selaku saksi dari parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf, dan Ahmad Riza Patria, Aziz Subekti, serta Didi Haryanto, selaku saksi dari Prabowo-Sandi.

Paslon nomer urut 01 yang diusung koalisi PDI Perjuangan, Golkar, PKB, Nasdem, PPP, Hanura, PSI, PKPI, dan Perindo ini menang di Papua, Papua Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Bali, Bangka Belitung, Yogyakarta, Lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Jawa Tengah, NTT, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Maluku, Gorontalo, Sumatera Utara, dan DKI Jakarta.

baca juga : Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi: Kita Semua Bersaudara

Sedangkan di Provinsi Bengkulu, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Banten, Aceh, NTB, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Riau memjadi tempat kemenagan paslon nomer urut 02.

Menurut Ketua KPU RI Arief Budiman, pengumuman hasil rekapitulasi suara secara keseluruhan sudah tak sabar dinanti publik.

“Hari ini untuk rekapitulasi suara, kita tetapkan hari ini. Saya pikir masyarakat menunggu agar ini segera ditetapkan,” kata Arief Budiman lalu mengetuk palu pengesahan rekap suara untuk provinsi terakhir, Papua, di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) dini hari.

Katanya, pengumuman hasil rekap yang lebih cepat satu hari dari jadwal KPU pada tanggal 22 Mei, dianggap sudah sangat baik. 

Karena mereka melakukannya sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan.

baca juga : Paska Pemilu, Aktivis 98 akan Demo Tuntut Jokowi Rombak 7 Menteri

“Sebetulnya kan publik berharap juga ini segera diputuskan. Kalau kami bisa melakukan jauh lebih cepat tentu kami senang ya,” ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2019 untuk 34 provinsi dan 130 PPLN dengan jumlah suara sah yang dibacakan KPU mencapai 154.257.601.







Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top