KTP Jakarta, Tjahjo Kumolo “Nyoblos” di Semarang – strategi.id
Nusantara

KTP Jakarta, Tjahjo Kumolo “Nyoblos” di Semarang

Tjahjo Kumolo

STRATEGI.ID – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo masih terdaftar sebagai pemilih di pilgub Jawa Tengah 2018 meski sudah memiliki KTP Jakarta. Dia menduga kasus serupa juga terjadi di daerah lain.

Tjahjo menuturkan kunjungannya ke Semarang saat pilkada serentak untuk mengklarifikasi kasus itu. Ia mengunjungi TPS di Jalan Citarum, Semarang Timur, Kota Semarang guna mengklarifikasi hal tersebut.

“Saya dan beberapa keluarga saya sudah tiga tahun ber-KTP Jakarta, tapi di sini saya masih terdaftar. Maka saya ke TPS ini mau mengklarifikasi bahwa saya tidak menggunakan hak pilih saya di Pilgub Jateng,” kata Tjahjo di Semarang, Rabu (27/6/2018), seperti dikutip Antara.

Tjahjo berdalih kunjungannya ke Semarang saat pilkada serentak untuk mengklarifikasi kasus itu. Ia mengunjungi TPS di Jalan Citarum, Semarang Timur, Kota Semarang guna mengklarifikasi hal tersebut.

Tjahjo pun meminta Komisi Pemilihan Umum lebih proaktif dalam mempersiapkan pemilu ke depan, khususnya dalam mengoreksi data pemilih jelang pencoblosan..

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan meminta KPU belajar dari hal ini agar tak terulang saat pemilu 2019 mendatang. Saat ini, menurutnya, formulir C-6 milik Tjahjo sudah ditarik TPS agar tidak disalahgunakan.

“Saya kira contohnya seperti begini harus diverifikasi oleh KPU nanti DPT-nya [Pemilu 2019] bagaimana. Proses kemarin kan DPS, nanti ada perbaikan untuk DPT, nanti untuk DPT harus valid validasinya,” kata Abhan saat ditemui di Semarang, Rabu (27/6).

Abhan menyebut Bawaslu masih menelusuri apakah masih ada lagi kasus serupa di daerah lain.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top