Kuliner Boyolali Tak Kalah Enak Dengan Jakarta - strategi.id
Nusantara

Kuliner Boyolali Tak Kalah Enak Dengan Jakarta

Strategi.id - Kuliner Boyolali Tak Kalah Enak Dengan Jakarta

Strategi.id – Berbicara mengenai wisata kuliner asal daerah Boyolali, pasti beberapa dari kalian sudah ada yang pernah mencicipiya. Kuliner Boyolali juga memiliki cita rasa yang sangat enak dan lezat.

Wisata kuliner ini cukup bayak diminati oleh orang lokal ataupun luar daerah. Nah jika kamu belum pernah mencicipi kuliner khas Boyolali, jika kamu berkunjung ke daerah Boyolali, kamu bisa mampir ke tempat wisata kulinernya yang sangat populer.

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui apa saja tempat wisata kuliner Boyolali, tak perlu khawatir.  Kami akan membagikan informasi mengenai beberapa wisata kuliner yang paling enak dan juga paling populer yang wajib kamu ketahui. Inilah beberapa daftar wisata kuliner Boyolali Yang Enak dan lezat yang bisa kamu kunjungi.

1. Soto Mbok Giyem

Hasil gambar untuk soto mbok giyem boyolali

 

Soto mbok giyem merupakan tempat wisata kuliner yang paling populer. Banyak yang bilang bahwa tempat wisata kuliner yang satu ini sebagai penanda kebangkitan usaha kuliner di Boyolali. Karena di tempat wisata kuliner Boyolali yang sangat ramai pengunjungnya ini menyediakan menu yang sangat enak dan lezat sekali yakni Soto khas boyolali.

Di tempat wisata kuliner ini soto disajikan dalam mangkuk kecil dengan isian daging sapi atau suwiran ayam, kecambah, ditambah taburan daun seledri dan bawang goring dan juga keripik kentang di dalamnya. Jika kamu ingin mencicipi kuliner yang satu ini, kamu bisa langsung datang ke jalan garuda, di selatan pasar sunggingan, tempat wisata kuliner Boyolali ini berhadapan dengan SDN 5 Boyolali.

2. Merbabu Penyet Boyolali

Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak

Tempat wisata kuliner yang satu ini yakni berada di warung Merbabu Penyet Boyolali. Tempat wisata kuliner Boyolali yang satu ini bentuknya sangat unik, karena ruangannya di desain seperti toko-toko layaknya di film koboi. Tempat wisata kuliner yang berdiri pada November 2012 ini, tepatnya berada di Jl. Merbabu, Boyolali. Oleh karena itu dinamakan merbabu penyet boyolali.

Di tempat wisata kuliner ini menyediakan penyetan dengan sambalnya yang sangat istimewa. Menu yang ditawarkan seperti lele penyet, bebek penyet, ayam penyet dan jamur crispy. Tetapi menu yang paling favorit di tempat wisata kuliner ini adalah bebek penyet dan jamur crispy.

3Sego Tumpang

Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak

Selanjutnya tempat wisata kuliner Boyolali yang juga cukup populer ini adalah warung Sego tumpang. Tahukah kamu bahwa Sego tumpang ternyata adalah nasi yang dibuat dari olahan tumpang atau tempe busuk. Tetapi kalian harus tahu rasa dari kuliner yang satu ini sangatlah enak dan patut kamu coba, karena rasanya tidak semengerikan kedengarannya.

Kuliner ini dibuat dengan cara menumbuk tempe busuk, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu-bumbu dengan santan hingga matang. Tempe busuk ini sengaja dibusukkan karena akan memberikan rasa khas pada masakan tersebut. Biasanya sego tumpang disajikan dengan sayuran sebagai pelengkapnya.

4. Jenang Pecel

Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak

Brikutnya kuliner yang juga banyak dicari pembeli ini adalah Jenang pecel. Menu kuliner boyolali ini adalah semacam modifikasi dari pecel sayuran pada umumnya, tetapi tidak disajikan dengan nasi, melainkan dengan jenang. Jenang yang digunakan disini sebenarnya adalah bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras.

Biasanya kuliner boyolali ini dijajakan di warung-warung kecil yang ada di perkampungan penduduk, tetapi ada juga penjual keliling yang menggunakan gendongan. Uniknya kuliner yang satu ini disajikan di atas pincuk, yakni alas makan yang terbuat dari daun pisang. Sehingga rasanyapun lebih enak dan sedap, selain itu juga murah meriah.

5Tahu Susu

Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak

Tahu susu merupakan salah satu kuliner yang juga sangat populer. Selain memiliki rasa yang gurih dan juga enak, Kuliner boyolali yang satu ini memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dan bisa menjadi obat untuk pera penderita gangguan hipertensi. Karena tahu ini terbuat dari susu asli yang diolah menjadi tahu.

Jika susu murni dijual Rp 3.500 per satu liter, susu yang sudah diolah menjadi tahu ini dijual dengan harga Rp 5.000. Tetapi karena susu ini langka dan hanya tersedia jika sapi betina melahirkan, maka kuliner boyolali ini hanya sedikit sekali yang menjualnya.

Nah sahabat, sekarang sudah mulai mengenal kan beberapa tempat wisata kuliner Boyolali yang menyediakan menu yang enak dan juga populer. Beberapa info tersebut mungkin akan cukup membantu kamu saat jelajah kuliner di daerah boyolali. Sehingga kamu tak perlu lagi bertanya-tanya sebelum menikmati kuliner tersebut. Selamat menikmati ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top