Kategori: Nusantara

Lewat Film KPK Kampanyekan Antikorupsi

strategi.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penghargaan kepada 7 peserta Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2018.

Mereka adalah para pemenang ide cerita film pendek terbaik yang karyanya difilmkan. Selain memberikan penghargaan dan mengumumkan karya terbaik, KPK juga memutar ketujuh film tersebut dalam premier movie di Gedung sinema CGV Grand Indonesia, Jakarta.

baca juga: Moeldoko: Komitmen Pemerintah Menjaga Stabilitas Papua

Tujuh film pendek berdurasi tidak lebih dari 15 menit tersebut adalah Blessed (Candra Aditya, Jakarta); One Second (Jody Surendra, Jakarta); Sekeping Tanggung Jawab (Fitto E. Arunfieldo, Bogor); Subur Itu Jujur (Gelora Yudaswara, Ponorogo); Kurang 2 Ons (Haris Supiandi, Pontianak); Baskara Ke Wukir (Latifah Fauziyah R, Tegal); dan Jimpitan (Wiwid Septiyardi, Yogyakarta).

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan film dipilih menjadi salah satu media dalam pencegahan korupsi mengingat film merupakan medium audio visual yang paling efektif untuk menyampaikan pesan antikorupsi pada seluruh lapisan masyarakat. Melalui film, nilai-nilai antikorupsi lebih cepat dan mudah dipahami oleh masyarakat.

Baca juga: Dirut Samantaka Batubara dan 2 Petinggi PT PLN Batubara diperiksa KPK

“Ketujuh film memiliki latar yang berbeda-beda namun memiliki satu benang merah, yaitu mengandung nilai-nilai integritas seperti jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, sederhana, berani, adil, dan kerja keras,” kata Saut di Sinema CGV, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2018.

Dalam gelaran ACFFEST 2018 ini KPK menerima 378 proposal dari seluruh Indonesia. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ACFFEST 2018 berfokus pada kompetisi ide cerita film pendek dengan tema besar “Antikorupsi” dan tagline “Integrity Start from You, Let’s Make Your Movie”.

Proposal ide cerita terpilih kemudian mendapatkan dana produksi sebesar Rp20.000.000 dan berhak mengikuti movie camp, coaching clinic dari pembuat film profesional, fasilitas online editing di Jakarta, serta pendampingan mentor lokal di daerahnya masing-masing saat produksi film.

Dengan berakhirnya proses produksi dan  peluncuran film ACFFEST 2018 malam ini, tahap selanjutnya KPK akan menyelenggarakan kegiatan aktivasi kampanye antikorupsi dengan memanfaatkan film-film ACCFEST 2018 ini. Kegiatan melibatkan kampus, sekolah, dan komunitas film di 5 kota, yaitu Banyuwangi, Padang, Pontianak, Ambon, dan Cikarang dalam bentuk pemutaran dan diskusi film.

Share
Diwartakan Oleh:
Donny Eka Putra

Berita Terbaru

Preparation does not have any region in a kid ‘s lifestyle.

A wonderful name sums up just what the essay is about. If you would like to hold such documents for…

18 November 2019 23:30

TPS Kampung Kramat, Grogol, Lakukan Sosialisasi Penulisan Buku

Strategi.id - Tim Penggali Sejarah Kampung Kramat atau yang disingkat TPS Kampung Kramat, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat,…

15 November 2019 22:00

Erick Thohir: BUMN Butuh Pendobrak Seperti Karakter Ahok

Strategi.id - Basuki Tjahaja Purnama  Ahok disebut-sebut bakal menduduki posisi bos salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menteri BUMN, Erick…

14 November 2019 13:00

Pertarungan Golkar Makin Seru Muncul #GolkarButuhBamsoet

Strategi.id - Pertarungan di tubuh partai Golkar muncul Tagar GolkarButuhBamsoet sempat bergaung di Twitter. Para pendukung Wakorbid Pratama DPP Golkar Bambang…

14 November 2019 12:00

MAKI Puji Pendekatan CIA untuk Selamatkan Uang Negara

Strategi.id - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) memuji program pendekatan CIA (Corruption Impact Assessment) yang diterapkan Pidsus Kejaksaan Agung (Kejagung)…

12 November 2019 20:31

Kabinet Jokowi Jilid II Akomodatif Tapi Hadapi Tantangan Berat

Strategi.id - Diskusi menarik yang dilaksanakan pinterpolitik.com, menghadirkan pengamat politik nasional Ubedilah Badrun (UNJ) dan Pengamat Keamanan Muradi (UNPAD) serta…

12 November 2019 17:00